Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial membuat ketagihan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Harvard, dimana browsing online mengaktifkan area otak yang sama dengan ketika menggunakan zat adiktif, hal inilah yang membuat kita selalu tidak bisa lepas dari sosial media. Terbaru ini, Instagram sedang mencoba sebuah fitur yang akan membantu para pengguna untuk mengelola permasalahan kecanduan sosial media ini.

Baca Juga:

Taruh Smartphone Kamu dan Mulai Aktif di Luar Ruangan

Kebanyakan orang tahu bahwa mereka me-scroll sosial media mereka baik TikTok, Instagram, Twitter tanpa ada tujuan, terlebih lagi jika mereka bosan. Tentu saja, ini bukanlah sebuah perilaku yang sehat. Terkadang, kita juga perlu menjaga waktu untuk merawat diri sendiri, baik di layar (online) ataupun acara sosial. Terbaru ini Instagram sedang membuat fitur baru yang disebut “Take a Break” agar mengurangi intensitas bersosial media

Seperti cuitan dari Adam Mosseri selaku kepala dari Instagram, dia mengumumkan fitur ini sedang dalam tahap pengetesan. Ketika fitur ini diaktifkan, maka aplikasi ini akan mengingatkan kamu untuk mengambil istirahat setelah menghabiskan waktu 10 hingga 30 menit untuk menjelajahi sosial media.

Kamu cukup memasukkan berapa banyak waktu yang ingin kamu habiskan di aplikasi untuk setiap scrolling section, dan setelah timer tersebut aktif, maka aplikasi tersebut akan mengingatkan kamu untuk menjadi produktif dan meninggalkan smartphone. Sebenarnya ini adalah langkah atau terobosan yang kecil, akan tetapi ini merupakan cara yang efisien untuk mengurangi ketergantungan terhadap sosial media.

Di satu sisi, fitur ini mirip dengan Digital Wellbeing, fitur yang ditambahkan oleh Google pada Android 9. Dengan manggunakan Digital Wellbeing, kamu dapat mengawasi penggunaan smartphone kamu dan mengingatkan kamu untuk memutuskan sambungan jika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di layar smartphone.

Instagram saat ini sedang menguji fitur ini. Mengenai rilis final. Mosseri mengatakan bahwa dia berharap fitur ini akan menjangkau semua pengguna pada bulan Desember, akan tetapi yang jelas ini akan bergantung bagaimana tes awal berjalan.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚑️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.