Jejaring media sosial milik Meta (dulu disebut Facebook) yaitu Instagram tampaknya meluncurkan sebuah sistem terbaru yang berfungsi sebagai otentikasi pengguna baru yang akan mengurangi jumlah spambots yang saat ini kehadirannya mengganggu ekosistem dalam bersosial media. Yap, spambot ini Instagram baru-baru ini sangatlah meresahkan dan bahkan banyak pengguna mengeluhkan banyaknya “serangan” spambot yang seringkali mereka terima di akun mereka.

Baca Juga:

Selamat Tinggal Untuk Bot DM serta Komentar

Seperti yang dilansir dari Twitter Matt Navarra selaku Konsultan sosial media yang berbasis di Inggris, mereka mengambil langkah pendaftaran akun baru yang mengharuskan pengguna untuk mengambil video selfie diri mereka sendiri.

Instagram menegaskan bahwa ini merupakan tindakan keamanan dan akan membantu mengonfirmasi bahwa mereka adalah orang sungguhan. Instagram juga mengatakan bahwa klip video yang mereka kirim tidak akan terlihat di platform dan dihapus dari server Instagram dalam waktu 30 hari.

Selain menghapus klip, Instagram tidak akan menggunakan teknologi pengenalan wajah milik Meta untuk memverifikasi identitas. Jika memang tujuannya adalah untuk mencegah bot yang menghasilkan akun baru secara massal, ini mungkin kebijakan ini sangatlah efektif kecuali kalau misalnya AI tidak melakukan pekerjaannya dengan baik untuk mendeteksi animasi wajah yang dihasilkan oleh komputer.

Menurut XDA-Developers, Instagram mengadaptasi teknologi yang sama dengan aplikasi dating seperti Bumble dan Tinder yang mengharuskan pendaftar untuk mengambil gambar wajah mereka dari berbagai sudut. Sedangkan untuk video selfie kemungkinan besar akan memberi AI lebih banyak data untuk digunakan dan bertindak sebagai pos pemeriksaan keseluruhan yang lebih baik.

Sebenarnya, fitur otentikasi semacam ini sudah dikembangkan sejak setahun lalu oleh Instagram, hal ini dibuktikan setelah beberapa pengguna melaporkan melihat interface yang sama dengan apa yang ada digambar, cuma sayangnya interface tersebut masih rusak dan mungkin kesalahan terletak pada kodenya.

Untuk saat ini, fitur ini masih belum hadir di Instagram versi sekarang, kemungkinan besar fitur ini akan hadir di awal tahun depan, jadi pastikan kamu terus update aplikasi Instagram kamu ya, agar bisa mengetahui dan memakai fitur ini untuk keamanan kamu dalam bersosial media.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.