Banyak opsi aplikasi sharing clipboard pihak ketiga yang mungkin sebagian besar telah mati karena pembaruan keamanan yang diberlakukan di Android 10, tetapi batasan itu tidak berlaku untuk aplikasi input seperti keyboard misalnya. Sekarang ini, salah satu aplikasi keyboard terbaik di Android yaitu Microsoft Swiftkey telah menerima dukungan untuk berbagi clipboard dengan Windows.

Baca Juga:

Sinkronisasi Clipboard Akhirnya Hadir di Android

Sebenarnya kemampuan ini telah diperkenalkan sejak bulan Agustus kemarin ketika clipboard sharing pertama kali diperkenalkan ke Swiftkey beta. Seperti yang dilansir dari MS Poweruser versi 7.9.0.5, akhir fitur ini sudah diberlakukan di aplikasi versi stable. Tidak hanya itu saja, fitur ini berfungsi dengan Windows 10 dan Windows 11, tetapi kamu harus mengaktifkan sinkronisasi clipboard secara manual baik di Windows dan smartphone kamu.

Untuk melakukan tersebut, kamu tinggal membuka Settings > System > lalu nyalakan Clipboard on Windows dan “Sync across your devices”, jangan lupa kamu harus memasukkan pengaturan Swiftkey dan mencari opsi “Rich input”. Dari sana, kamu dapat mengaktifkan toggle “Sync clipboard history”. Setelah semuanya sudah siap, kamu dapat melakukan proses copy-paste apapun dengan mulus dari smartphone ke komputer begitu pun sebaliknya.

Microsoft memang memiliki minat yang baru ditemukan dalam membuat aplikasi Android bekerja dengan baik dengan Windows milik mereka, itu dikarenakan Microsoft telah memproduksi total dua smartphone Android sendiri sekarang. Selain itu, bisnis juga memiliki kesepakatan dengan Samsung, hal ini ditujukan untuk menjembatani kesenjangan antara smartphone Samsung dengan PC Windows dengan aplikasi Microsoft Your Phone, yang juga memerlukan clipboard sharing.

Sementara itu, Google masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk kedepannya terlebih lagi untuk perangkat Chromebook, dimana tidak mungkin menyinkronkan clipboard milik Gboard. Mungkin saja ke depannya Microsoft akan mendapatkan integrasi yang erat dengan Chrome OS yang memiliki fitur screen-mirroring untuk smartphone Pixel yang juga masih dalam tahapan pengerjaan.

Kamu sudah bisa mendapatkan update ini pada aplikasi Swiftkey versi 7.9.0 di Play Store, dan pastikan kamu update aplikasi Swifkey kamu pada versi terbaru ya agar kamu bisa menikmati fitur baru ini.

Oke, itu tadi berita seputar aplikasi Swiftkey, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di kolom komentar dibawah ini ya.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.