Beberpa hari yang lalu, Samsung secara mengejutkan merilis seri ponsel yang sebenarnya hampir batal diresmikan yakni Galaxy S21 FE. Walaupun tak lama lagi Galaxy S22 akan diresmikan, tapi Galaxy S21 FE punya daya tarik tersendiri dan berikut ini adalah 3 keunggulan dari Galaxy S21 FE!

1. Pastinya Jauh Lebih Murah

via Android Police

Harus diakui bahwa selling point utama dari Galaxy S21 FE adalah harganya yang murah — walaupun Samsung belum mengungkapkan detailnya. Sebenarnya gak bisa dibilang murah juga, karena beberapa sumber mengatakan kalau perangkat ini akan dibanderol dengan harga mulai dari $700 atau sekitar Rp 10 jutaan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan seri Galaxy S21 lainnya, maka Galaxy S21 FE merupakan seri Galaxy S21 paling murah, karena varian reguler dari Galaxy S21 sendiri dibanderol mulai dari Rp 13 jutaan.

Walaupun dibandrol lebih murah, nyatanya hampir segala elemen penting yang ada Galaxy S21 reguler dihadirkan pada ponsel Galaxy S21 FE misalnya saja layar Dynamic AMOLED, sertifikasi IP68 yang menandakan memiliki ketahanan terhadap air dan debu, konfigurasi triple kamera utama dan masih banyak yang lainnya.

2. Spek Mirip Galaxy S21 Reguler, Tapi Lebih Tangguh?

Kita disini gak usah ngomongin desain, karena desain varian “reguler” dan varian “FE” dari Galaxy S21 bisa dibilang sama persis, dimana kamu akan mendapatkan layar punch-hole yang “katanya” sudah dilindungi Gorilla Glass Victus, frame dari aluminum dan juga desain modul kamera yang sama persis dengan back cover dari plastik.

Spesifikasinya pun gak beda jauh, kalau kamu belum tahu detailnya mending cek di bawah ini:

Akan tetapi, Galaxy S21 FE memiliki keunggulan dibeberapa sektor, namun ada juga kekurangannya. Sebagai contoh, jika kita bandingkan komposisi layar ponsel ini dengan varian Galaxy S21 reguler, maka keduanya bisa dibilang sama persis, namun varian S21 FE punya ukuran yang sedikit lebih besar, tentu saja ini adalah sebuah kelebihan untuk kamu yang butuh layar besar dan ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai yang lebih besar (4.500 mAh) serta memiliki lebih banyak varian — ada varian 6GB RAM dengan internal 128GB.

Sedangkan kekurangannya ada disektor kamera, dimana Samsung menggantikan lensa telephoto beresolusi 64 MP yang ada di Galaxy S21 reguler dengan lensa telephoto 8MP. Tapi, hal tersebut sebenarnya terbayarkan karena resolusi kamera selfie dari Galaxy S21 FE ditingkatkan menjadi 32 MP.

3. Software Terbaru = Dukungan Update yang Lebih Panjang

via Pocket-lint

Karena dirilis sedikit lebih lama, bahkan hampir dibatalkan. Maka, Galaxy S21 FE mendapatkan sebuah keuntungan dan itu adalah dukungan software yang lebih panjang. Sebagai tambahan informasi untukmu, Galaxy S21 FE adalah ponsel pertama Samsung yang hadir dengan One UI 4.0 sejak pertama kali dinyalakan.

Dengan demikian, jika kita mengikuti skema update terbaru dari Samsung yang mengharuskan ponselnya menerima update selama 3 tahun penuh (mayor ataupun minor), maka dukungan untuk Galaxy S21 FE baru akan berakhir di One UI versi 7.0 — One UI yang menggunakan basis Android 15 atau dukungannya baru akan berakhir di tahun 2025 nanti.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.