Berita terkait OnePlus 10 series bukanlah lagi sesuatu yang baru, karena beberapa waktu lalu OnePlus telah memberi tahu kita beberapa detail penting terkait OnePlus 10 Pro. Kita sudah tahu seperti apa tampilannya dan beberapa spesifikasi kunci dari perangkat tersebut.

Baca juga:

Nah, hari ini OnePlus kembali mengungkapkan detail penting terkait dengan ponsel tersebut dan itu adalah sektor kamera — mulai dari penggunaan ultrawide lens 150°, mode “RAW+”, mode Movie dan juga pengaturan lensa fisheye. Untuk yang penasaran, berikut ini adalah detailnya:

Ultrawide lens 150°

Kalau kamu berpikir jika lensa ultrawide pada ponselmu kurang mampu untuk mengambil gambar yang cukup luas, maka OnePlus punya kabar baik. Jika rata-rata smartphone saat ini masih mengandalkan lensa ultrawide di 110°-120°, maka kamera OnePlus 10 Pro menawarkan lensa ultrawide hingga 150°. Dengan demikian, kamu dapat memasukkan lebih banyak lanskap ke dalam gambar yang akan kamu ambil tanpa perlu bergerak mundur.

Untuk detail perbandingannya, kamu dapat melihat perbedaannya pada gambar di bawah ini:

OnePlus 10 Pro bukanlah ponsel pertama yang menggunakan lensa ultrawide super lebar, karena saudari mereka yakni realme sudah terlebih dahulu mengaplikasikan lensa tersebut di seri ponsel flagshipnya yakni realme GT 2 Pro.

Mode ‘RAW+’ dan 10-bit color

Pada seri OnePlus 9, OnePlus resmi bekerjasama dengan perusahaan Hasselblad untuk menghasilkan Mode Hasselblad Pro, yang mana dapat memotret dalam mode RAW dengan reproduksi warna alami. Nah, di seri ponsel OnePlus 10 Pro, Hasselblad meningkatkan kemampuan tersebut sehingga mampu menghasilkan mode RAW+.

Mode “RAW+” di OnePlus 10 Pro merupakan Mode Hasselblad Pro generasi kedua yang akan memberikan semua manfaat pemotretan dalam RAW dengan kemampuan kecerdasan fotografi komputasi dari ponsel. Dengan kata lain, kamu dapat mengedit foto seperti yang kamu lakukan dalam pemotretan RAW tradisional, tetapi kamu juga akan mendapat foto yang telah diproses oleh perangkat lunak ponsel.

Mode Movie

Kamera OnePlus 10 Pro tidak hanya fokus pada sektor fotografi. OnePlus dikabarkan membawa beberapa kecerdasan AI untuk mode video juga, seperti mode Movie yang baru akan memulai debutnya di seri OnePlus 10 Pro.

Mode Film baru ini adalah tentang merekam cuplikan sinematik. UI Mode Film — yang ditunjukkan seperti gambar di atas, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan ISO, kecepatan rana, dan berbagai hal lainnya sebelum atau bahkan selama pembuatan film.

Selain itu, kamu dapat menangkap rekaman dalam format LOG. Ini mirip dengan gambar RAW yang memungkinkan editor “kanvas kosong” untuk mengedit tanpa pasca-pemrosesan dari smartphone.

Efek Fisheye

Yang terakhir dan tak kalah menarik adalah efek fisheye. Di OnePlus 10 Pro ada sebuah fitur yang dinamakan efek fisheye dan jika sebelumnya selalu memerlukan sebuah lensa snap-on (yang dipasangkan dibelakang kamera atau lensa) untuk dapat menghasilkan efek tersebut, maka di OnePlus 10 Pro kamu bisa mendapatkan efek yang sama tanpa harus menggunakan lensa snap-on tersebut.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.