Home Basic Cara Cek Total Penggunaan RAM di Android

Cara Cek Total Penggunaan RAM di Android

Apa itu Bloatware di Android?

Beberapa waktu yang lalu, DroidPoin sudah pernah memberikan kamu tips bagaimana cara melegakan RAM di Android. (Baca: Tips untuk Melegakan RAM Android)

Nah, ngomongin soal RAM tentunya kamu penasaran, gimana sih caranya agar kita bisa mengetahui RAM kita terpakai berapa banyak atau berapa sisa free RAM milik kita? Kalau kamu penasaran, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberitahukan kamu bagaimana cara untuk mengetahui hal tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan developer options, untuk caranya kamu bisa cek tutorial berikut.
  • Jika sudah silakan pergi ke developer options

Cara Cek Total Penggunaan RAM di Android

  • Lalu, pilihlah menu Running Services

Cara Cek Total Penggunaan RAM di Android

  • Pada menu tersebut kamu akan melihat secara detail penggunaan RAM pada Android kamu mulai dari aplikasi hingga system. *Tidak termasuk OS Android

Cara Cek Total Penggunaan RAM di Android

  • Done

Bagaimana, sangat mudah bukan caranya?

Sebenarnya kamu juga bisa cek penggunaan RAM pada Android kamu dengan pergi ke Setelan > Penyimpanan & memori, hanya saja jika kamu cek dari menu tersebut hasil yang ditampilkan tidaklah sedetail seperti menu running services di developer options.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.