Home Smartphone Setelah Update ke Android Nougat, Ponsel Kamu Suka Reboot/Restart Sendiri? Beginilah Cara...

Setelah Update ke Android Nougat, Ponsel Kamu Suka Reboot/Restart Sendiri? Beginilah Cara Mengatasinya

Sebagian besar pengguna Android sudah melakukan update ke versi Android terbaru yakni Nougat. Tetapi, tidak semua yang melakukan update mendapatkan semua perbaikan yang dijanjikan. Yup, bisa saja perangkat kamu justru mengalami masalah yang baru!

Baca juga:

Selain bisa membuat baterai Android milikmu menjadi lebih boros, mungkin saja update Android Nougat akan membuat data seluler kamu bermasalah. Selain itu, bisa saja kamu mengalami masalah lainnya seperti masalah ponsel yang sering reboot/restart sendiri!

Jika kamu mengalami masalah seperti yang DroidPoin jelaskan di atas, maka bukan kamu sendiri yang merasakan hal tersebut. Yup, sebagian besar user yang sudah melakukan update ke Android Nougat mengalami hal serupa. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada solusinya!

Nah, jika kamu mengalami masalah tersebut (masalah ponsel yang sering reboot/restart sendiri), mungkin tips yang akan DroidPoin bagikan berikut ini bisa mengatasi masalah kamu.

Setelah Update ke Android Nougat, Ponsel Kamu Suka Reboot/Restart Sendiri? Beginilah Cara Mengatasinya
via Digital Trends

Kebetulan sekali, masalah seperti ini paling banyak dialami oleh user Nexus 5X. Ponsel Nexus kabarnya memang mengalami masalah ini dikarenakan adanya masalah pada hardware, sehingga kamu harus memperbaiki perangkat kamu ke service center terdekat. Akan tetapi, jika ponsel kamu bukanlah Nexus 5X maka kamu tak perlu melakukan hal di atas (memperbaiki perangkat kamu ke service center terdekat), cukup melakukan beberapa hal berikut ini dan semoga saja nantinya perangkat kamu akan kembali normal.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami masalah seperti ini adalah melakukan reboot!

Yup, kenapa harus melakukan reboot?

karena dengan melakukan reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

Jika cara pertama tidak berpengaruh, maka kamu bisa coba menghapus system cache. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup pergi ke Recovery mode. Untuk masuk ke mode recovery, biasanya kamu perlu menggunakan kombinasi tombol Volume Up, Volume Down, Power bahkan tombol Home. (Baca: Cara Masuk ke Recovery Mode di Android)

Setelah itu, silakan pilih opsi Wipe > Cache, jika sudah silakan reboot ponsel Android kamu. Seharusnya, setelah melakukan hal di atas, masalah tersebut (reboot) sudah hilang.

 

Ponsel kamu Masih Tetap Bermasalah?

Jika masalah yang kamu alami tetap tidak hilang, silakan kamu lakukan factory reset pada ponsel Android milikmu. (Baca: Cara Melakukan Factory Reset pada Android)

Dan jika setelah melakukan beberapa hal di atas (termasuk factory reset), masalah yang kamu hadapi tetap muncul. Maka bisa disimpulkan, berarti memang terdapat bug yang cukup serius pada update Android Nougat yang kamu terima.

Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan untuk saat ini adalah menunggu perbaikan dari OEM Android yang bersangkutan.

Nah, itulah beberapa cara untuk kamu yang mengalami masalah ponsel yang sering reboot/restart sendiri setelah melakukan update ke Android Nougat. Semoga bermanfaat 🙂

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.