Tidak Hanya Ikon — Tampilan Play Store pun Ikut Berubah!

Play Store Android berisi banyak sekali aplikasi dan game menarik yang bisa kamu dapatkan secara gratis ataupun berbayar. Nah, pada kesempatakn kali ini, DroidPoin akan memberikan tips dan trick untuk kamu yang masih belum mengetahui Play Store secara detail ataupun untuk kamu yang baru saja beralih menggunakan ponsel Android.

Berikut adalah daftar tips dan trick Play Store Android untuk pemula:

1. Mendapatkan Refund

Cara Mendapatkan Refund Pembelian dari Play Store

Jika kamu baru beralih ke Android, pastikan kamu mengetahui salah satu fitur andalan yang ada di Play Store yakni Refund (pengembalian dana). Fitur ini sudah tersedia sejak lama di Android dan DroidPoin sendiri sudah pernah membahasnya beberapa waktu lalu. (Baca: Cara Mendapatkan Refund Pembelian dari Play Store)

*Catatan: Untuk mendapatkan refund, aplikasi atau game yang kamu beli harus dalam kondisi hangat (baru dibeli beberapa jam yang lalu), jika kamu ingin melakukan refund di keesokan hari maka kemungkinan hal tersebut tak dapat dilakukan, karena refund hanya bisa dilakukan dalam selang waktu 2-3 jam setelah membeli aplikasi.

Untuk info yang lebih lengkap silakan kunjungi halaman berikut ini.

 

2. Mencari Aplikasi Berdasarkan Pengembang

Kamu lupa judul aplikasi ataupun game yang pernah kamu unduh, tetapi kamu hanya mengingat pengembangnya? Tidak masalah, karena di Play Store Android kamu bisa mencari pengembang game tersebut dengan menambahkan “pub:” di kotak pencarian seperti gambar berikut ini.

Daftar Tips dan Trick Play Store untuk Pemula

 

3. Aplikasi Beta dan Early Access

Daftar Tips dan Trick Play Store untuk Pemula

Di Play Store Android, terkadang kamu bisa menemukan atau mendapatkan berbagai aplikasi yang masih berada dalam tahap Beta dan Early Access (misalnya saja Microsoft Edge yang baru dirilis beberapa waktu lalu).

Kamu hanya perlu memberikan izin pada aplikasi tersebut agar dapat terinstall pada perangkat Android milikmu dan tak perlu khawatir mengenai aplikasi ini, karena aplikasi Beta dan Early Access tidaklah mengandung virus dan sejenisnya walaupun sering muncul beberapa peringatan.

Peringatan tersebut sebenarnya bertujuan untuk memberi tahu kamu bahwa aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan berisi banyak bugs serta belum optimal sehingga terkadang ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut kamu akan sering mengalami crash ataupun hang.

 

4. Install Aplikasi di Play Store (Berdasarkan Wilayah)

Cara Mengetahui jika Kamu Sudah Berhasil Mengubah Region di Play Store (Android)

Setiap wilayah terkadang memiliki aplikasi andalannya masing-masing, bahkan ada developer yang hanya merilis aplikasi di wilayah tertentu saja, sehingga membuat kamu tak bisa menginstall aplikasi tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut bukanlah masalah yang besar. Yup, pasalnya di Android ada berbagai macam aplikasi VPN yang mana berguna untuk mengubah wilayah kamu termasuk wilayah aplikasi Play Store. (Baca: Cara Ganti Region di Play Store (Android))

 

5. Shortcut Aplikasi yang baru terinstall tak muncul di Home Screen

Update Android Oreo untuk Xperia XZ Premium Resmi Tersedia

Pasti kamu semua pernah dong menginstall yang namanya aplikasi ataupun game yang ada di Play Store Android? Nah, jika kamu sudah menginstall aplikasi ataupun game, pasti kamu akan menemukan shortcut aplikasi ataupun game tersebut muncul secara otomatis di Home screen Android milikmu. Benar bukan?

Sebenarnya ada cara mudah untuk menonaktifkan pengaturan tersebut yakni dengan hapus ceklis pada opsi “Add icon to Home screen” di pengaturan Play Store.

Untuk cara lebih lengkap silakan kunjungi halaman berikut ini.

 

6. Menonaktifkan Auto-update di Satu Aplikasi Play Store

Tampilan My apps & games Play Store Kini Lebih Menarik!

Di Play Store Android ada opsi yang namanya Auto-update, opsi ini berguna untuk kamu yang ingin aplikasinya terus diperbarui baik itu menggunakan Wi-Fi ataupun data tanpa harus melakukan update secara manual (satu-persatu).

Nah, untuk kamu yang tidak ingin aplikasi tersebut tidak terupdate walaupun berada dalam opsi auto-update, kamu bisa hilangkan tanda ceklis Auto-update pada aplikasi tertentu agar aplikasi tersebut tidak melakukan update.

Untuk cara lebih lengkap silakan kunjungi halaman berikut ini.

 

7. Menambahkan Aplikasi Play Store ke Daftar Aplikasi yang Diinginkan

Hill Climb Racing 2 Hadir di Play Store, Ayo Segera Unduh!

Apakah kamu punya rencana untuk membeli aplikasi dan game? Akan tetapi saat ini kamu sedang tak memiliki dana yang cukup untuk membeli aplikasi tersebut?

Daripada nantinya lupa, lebih baik kamu gunakan fitur aplikasi yang diinginkan. Yup, fitur ini semacam bookmark aplikasi ataupun game yang ingin kamu unduh di Play Store.

Untuk info yang lebih lengkap silakan kunjungi halaman berikut ini.

Nah, itulah daftar tips dan trick aplikasi Play Store yang wajib diketahui oleh pemula ataupun kamu yang baru saja beralih menggunakan Android.

Semoga bermanfaat 🙂

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.