via Samsung

Masih ingat smartphone Galaxy Note 8 yang dibuat khusus Samsung dalam memeriahkan Olimpiade Musim Dingin? Smartphone ini diketahui tidak dibawa oleh atlet Korea Utara. Kenapa?

Seenarnya Samsung dan juga International Olympic Committee (IOC) membagikan smartphone Galaxy Note 8 edisi khusus secara gratis kepada seluruh atlet peserta Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, namun ada pengecualian bagi atlet Korea Utara.

Baca Juga:

IOC meminta atlet Korea Utara tidak membawa pulang smartphone tersebut ke negara asalnya. Korea Utara tak sendiri, atlet Iran juga dilarang. IOC hanya mengizinkan penggunaan smartphone tersebut saat penyelenggaraan Olimpiade.

Penyebabnya karena sanksi yang diberikan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada kedua negara ini.

Galaxy Note 8 edisi khusus yang didapatkan oleh para atlet Korea Utara ini termasuk kedalam barang mewah, sebab harga Galaxy Note 8 mencapai 1 juta won di Korea Selatan, bahkan bisa lebih tinggi dengan edisi khusus ini.

PBB sendiri menjatuhkan sanksi pelarangan impor barang mewah bagi Korea Utara pasca peluncuran sejumlah senjata nuklir buatannya. Galaxy Note 8 ini juga dianggap bisa berfungsi ganda, dan digunakan dalam militer Korea Utara.

PBB juga kian memperkeras sanksi yang diberikannya pada Korea Utara sejak Desember 2017 lalu.

Smartphone Samsung Galaxy Note 8 edisi Olimpiade Musim Dingin 2018 ini dibagikan sebanyak 4.000 unit kepada para atlet dan para staf yang turut serta. Samsung juga tidak menjual smartphone ini, alhasil sangat eksklusif.

Sebelumnya Korea Utara juga tidak bisa membawa Galaxy S7 Edge edisi spesial Olimpiade pada tahun 2016 lalu.

Sayang banget ya guys..

via AFP, The Verge

  OnePlus 6 vs OnePlus 5T  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.