via LG

Rumor yang sebelumnya muncul, kini menjadi kenyataan. Pabrikan asal Korea, LG, resmi meluncurkan smartphone Android kelas flagship terbarunya, LG V30s ThinQ. Smartphone ini dibekali dengan fitur kecerdasan buatan dalam kameranya.

Desain Sama, RAM dan Memori Lebih Besar

LG V30s ThinQ ini memiliki desain yang serupa dengan LG V30 aslinya. Layarnya yang minim bezel, serta masih dilengkapi dengan fitur dual camera di bagian belakangnya. Bisa dikatakan, dari segi desain, smartphone ini tidak ada perubahan dengan V30.

Namun, pilihan warna yang tersedia terbilang baru dihadirkan, yakni Platinum Grey dan Moroccan Blue.

via LG

LG V30s ThinQ tampil dengan spesifikasi yang nyaris serupa dengan LG V30, seperti layar OLED 6 inch dengan resolusi QHD+, dan prosesor Octa-core Snapdragon 835. Namun di V30s ThinQ ini, LG menawarkan kapasitas RAM serta memori  berkapasitas besar, yakni RAM 6GB, dan memori internal UFS 2.1 128GB atau 256GB (khusus LG V30s+). Kalau masih kurang, tersedia pula slot microSD.

Baca Juga:

Masih dengan Dual Camera

LG V30s ThinQ masih dilengkapi dengan kamera belakang dual camera, serta resolusi yang sama dengan LG V30. Lensa pertamanya beresolusi 16MP, dengan sensor Sony IMX 351, dan aperture f/1.6. Sedangkan lensa kedua berfungsi sebagai lensa wide angle dengan resolusi 13MP, dengan aperture f/1.9. Kamera di V30s ThinQ ini telah dilengkapi dengan PDAF, fitur OIS, laser autofocus, dan LED flash.

Hal yang serupa juga ditemui di kamera depannya yang beresolusi 5MP. Sama dengan V30.

via Android Pit

Fitur AI Melimpah

Fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), menjadi senjata utama LG V30s ThinQ. Dikatakan LG, ThinQ akan menjadi platform kecerdasan buatan miliknya, hingga machine learning.

Di smartphone ini, LG ThinQ berisikan AI camera, Bright Mode,  dan Qlens yang menggunakan kamera, dan Qvoice serta Google Assistant yang lebih kepada penggunaan suara.

AI camera ini berfungsi untuk mempercantik foto ataupun memberikan efek tertentu saat memotret. Pengguna pun akan mendapat pratinjau sebelum memotretnya. Fitur ini sendiri dibuat oleh EyeEm dan telah dikustom oleh LG. Lalu Bright Mode yang bisa membuat hasil foto yang lebih baik dalam kondisi kurang cahaya, tanpa membuat banyak noise.

via LG

Sedangkan Qlens, pengguna bisa dipermudah dalam mencari suatu barang. Misalnya mengarahkan kamera ke laptop. Smartphone akan menampilkan laptop yang tengah ada di kamera, dan bisa langsung membelinya di Amazon.com.

Untuk Qvoice (atau Voice AI), fitur ini fungsinya hampir serupa dengan Google Assistant. Pengguna bisa melakukan pencarian, membuka aplikasi, ataupun mengaktifkan/menonaktifkan suatu fitur, hanya dengan perintah suara. Oh iya, LG V30s ThinQ juga sudah bisa mengontrol perangkat smart home seperti kulkas, TV, hingga AC di rumah.

Tahan Air dan Debu, Sudah Android Oreo

LG V30s ThinQ masih dilengkapi dengan fitur proteksi IP68 tahan air dan debu. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Sedangkan baterainya masih berkapasitas yang sama dengan V30, yakni 3300 mAh, dan sudah mendukung wireless charging.

Harga dan Spesifikasi LG V30s ThinQ

Harga USD 930 (sekitar Rp 13 jutaan)
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo
Dimensi 151.7 x 75.4 x 7.3mm
Berat 158 gram
Layar OLED 6 inch, 18:9 QHD+ FullVision Display (2880 x 1440), 538ppi, ratio 18:9, Gorilla Glass 5
Prosesor Octa-core, Snapdragon 835 (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo), 64-bit
GPU Adreno 540
RAM 6GB
Memori Internal 128GB / 256GB (LG V30s+)
MicroSD Hingga 2TB
Kamera Belakang Dual Camera

  • 16MP (aperture f/1.6, sudut 71 derajat, sensor Sony IMX351)
  • 13MP Wide angle (aperture f/2.4, sudut 125 derajat)

LED flash, OIS, EIS, video 4K, laser autofocus

Kamera Depan 5MP, aperture f/1.9
Fitur Kamera HDR, Geo-tagging, Panorama, Face Detection, Beautify
Koneksi LTE-A, Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac , Bluetooth 5.0 BLE, NFC, USB Type-C 2.0, GPS, GLONASS,
Sensor Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyroscope, Magnetometer, Proximity sensor, color spectrum
Fitur Lain IP68 tahan air dan debu, MIL-STD 810G, 32-bit Hi-Fi Quad DAC, face recognition, Google Daydream, ThinQ (AI camera, Qlens, Bright Mode, Qvoice/Voice AI)
SIM Dual SIM (hybrid)
Baterai 3300 mAh, support fast charging, wireless charging
Pilihan Warna Moroccan Blue, Platinum Gray

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.