Banyak banget yang nanya apakah Poco F1 kebagian MIUI 10 atau tidak — dan kalo kebagian, seperti apa fitur dan tampilannya. Jangan khawatir, karena Poco F1 juga kebagian MIUI 10. Saya udah install MIUI 10 di Pocophone F1, dan buat kamu yang penasaran seperti apa performa, fitur, dan tampilan MIUI 10 Poco F1 — inilah ulasan lengkapnya.

NB: Pastikan Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info terbaru teknologi setiap hari.


Bagi kamu yang lebih suka membaca review MIUI 10 Pocophone F1 daripada menonton video diatas, berikut ini DroidPoin sertakan versi artikelnya.

Performa MIUI 10 Poco F1

Saat ini MIUI 10 di Poco F1 masih berstatus Global Beta. Tetapi secara performa sudah sangat stabil, saya sudah menggunakannya selama seminggu ini dan sampai saat ini lancar-lancar saja, belum menemukan masalah yang berarti. Malah berbagai masalah yang ada di MIUI 9 Poco, beberapa perbaikannya sudah diimplementasikan ke MIUI 10 ini.

Jadi secara performa, MIUI 10 di Poco F1 ini sudah lancar banget, tidak mudah panas, dan baterai juga lebih awet.

Tampilan MIUI 10 Poco F1

Sekarang beralih ke tampilan. Karena berbasis MIUI 10, maka semua tampilan baru di MIUI 10 juga bisa kamu temui di Poco F1. Kalo kamu swipe, keliatan banget desain notifnya dirombak total, jadi bersih, flat, rapi, dan menyatu.

Dan action center juga lebih fluid, dengan animasi mulus, persis seperti di MIUI 10 untuk Xiaomi. Begitu juga dengan brightness bar, yang desainnya jadi lebih interaktif dari sebelumnya.

Untuk app drawer, gak begitu ada perubahan yang keliatan secara tampilan, masih cenderung sama seperti sebelumnya.

Dan iklan masih ada di MIUI 10 for Poco ini, masih sama seperti sebelumnya, terutama diatas widget. Tapi jumlahnya tidak sebanyak yang ada di MIUI 10 untuk Xiaomi. Kalo di MIUI 10 Xiaomi, iklan juga ada di beberapa lokasi lain seperti music player misalnya, di MIUI 10 Poco ini tidak. Tapi kita cek lagi nanti begitu finalnya sudah dirilis, apakah iklannya bakal lebih agresif seperti di MIUI 10 Xiaomi, atau tetap relatif bersih seperti ini.

Fitur Baru MIUI 10 Poco F1

Berlanjut ke perubahan dan fitur baru MIUI 10 di Poco F1, pertama yang paling kerasa adalah adanya gesture baru. Sekarang di Poco F1 ditambahkan gesture swipe kiri tahan..atau swipe kanan tahan..untuk mengakses aplikasi sebelumnya.

Ini merupakan gesture baru yang melengkapi koleksi gesture sebelumnya, seperti swipe kiri dan swipe kanan untuk back, Swipe keatas untuk home, dan swipe keatas tahan untuk membuka recent apps.

Tapi gesture baru ini dibarengi juga dengan hilangnya opsi untuk menyembunyikan animasi gesture. Jadi sekarang animasi gesture tidak bisa kamu sembunyikan.

Fitur baru lainnya cenderung sama seperti fitur baru di MIUI 10, seperti volume slider yang baru, dengan tombol akses cepat untuk mengatur silent dan do not disturb. Ada juga count down silent dan do not disturb.

Lalu fitur baru mayor seperti experience Recent Apps yang baru. Kalo dulu kan masih horisontal dari kiri ke kanan, sekarang dibuat vertikal seperti timeline. Tinggal swipe kiri kanan untuk close apps, atau tap tahan untuk memunculkan opsi split view dan opsi lainnya.

Ada juga fitur autofill untuk login cepat dengan password yang tersimpan, Picture-in-Picture juga ada, tapi sayangnya di screen recording, opsi untuk rekam system sound belum ada. Entah nanti bakal ditambahkan juga atau tidak, kita review lagi di versi finalnya.

Overall, MIUI 10 di Poco F1 adalah update yang sangat positif, dengan desain baru yang fresh, tambahan gesture yang simple tapi berguna, serta beberapa extra fitur yang diusung dari MIUI 10 Xiaomi.

Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu ada pertanyaan seputar MIUI 10 di Poco F1, sampai bertemu lagi di video menarik lainnya, besok!