via HMD Global / Nokia

Nokia 9 PureView sudah resmi dirilis HMD Global di Barcelona. Kini yang dinanti-nantikan adalah hasil foto dari smartphone pertama di dunia dengan lima kamera belakang ini. Seperti apa ya?

Kalau melihat hasil fotonya saja tanpa dibandingkan mungkin kurang afdol. Nah, penulis teknologi dan YouTuber David Cogen membandingkan hasil foto Nokia 9 PureView dengan salah satu smartphone dengan kamera terbaik, Huawei Mate 20 Pro, yang dilakukan secara singkat.

Dalam fotonya, ia membandingkan kemampuan fotografi dari kedua smartphone kala memotret objek bunga. Pemotretan dilakukan dalam kondisi di dalam ruangan. Foto pada bagian atas dijepret oleh Nokia 9 PureView, dan yang bawah oleh Huawei Mate 20 Pro.

Sebagai catatan, Huawei Mate 20 Pro dibekali tiga kamera belakang dari Leica, dimana ketiganya punya tugas masing-masing. Satu kamera utama beresolusi 40MP dengan sensor 1/1.7″, aperture f/1.8-aperture, dan 27mm-equivalent lens. Lalu ada kamera berlensa super wide angle beresolusi 20MP dengan aperture f/2.2, dan 16mm-equivalent lens, kemudian yang terakhir lensa tele 8MP dengan aperture f/2.4.

Baca Juga:

Di DXO Mark sendiri, tercatat Huawei Mate 20 Pro menduduki tahta raja smartphone dengan kamera terbaik dengan skor 109 untuk kamera belakang, dan 75 untuk selfie.

Sedangkan Nokia 9 PureView memiliki lima kamera 12MP dan aperture f/1.82 yang terdiri dari dua lensa warna atau RGB, dan tiga lensa monokrom. Dalam sekali pengambilan gambar, smartphone ini akan menggunakan kelima kamera yang ada sehingga diklaim bisa menghasilkan hasil foto dengan dynamic range yang mumpuni, lebih detail, foto low light yang bagus, dan depth-of-field yang mengagumkan dengan kemampuan memotret hingga 1.200 layer.

Penggunaan lima kamera ini tak lepas digunakannya teknologi dari Light serta pemrosesan yang ada di chipset. HMD Global bekerjasama dengan Google agar pengguna bisa mengatur titik fokus gambar langsung dari Google Photos. Tak hanya Google, HMD juga bekerjasama dengan Adobe sehingga pengguna Nokia 9 PureView bisa mengedit hasil foto berformat RAW dan DNG langsung dari smartphone dengan Adobe Lighroom.

Kendati demikian, perlu ada pengujian tambahan supaya kita bisa lebih tahu mana yang sesungguhnya paling best of the best, apakah Nokia 9 PureView, atau Huawei Mate 20 Pro.

Kalau menurut kamu bagaimana, lebih bagus hasil foto Nokia 9 PureView atau Huawei Mate 20 Pro?

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.