Dilarangnya pengembang DO Global mempublikasikan aplikasi mereka di Google Play mulai merembet ke aplikasi lain. Aplikasi file manager yang sangat populer di Android, ES File Manager baru ini dihapus Google. Kenapa?

Aplikasi penjelajah berkas ini dihapus Google karena diduga ada keterkaitan dengan DO Global yang disanksi Google tidak dapat mempublikasikan aplikasinya. Namun hingga kini Google belum memberikan keterangan terkait dihapusnya salah satu aplikasi populer ini.

Baca Juga: Curang, Developer Besar ini ‘Ditendang’ dari Google Play Store

ES File Manager sendiri memiliki keterkaitan dengan DO Global yang tersandung kasus fraud. Di Google Play sendiri, ES File Manager pada kolom nama pengembang memang tak secara gamblang menuliskan dibuat oleh DO Global, melainkan ES Global yang diketahui dimiliki oleh Du Global. Dalam laman LinkedIn, disebutkan Du Global merupakan sub-divisi dari Do Global.

Tak hanya aplikasi ES File Manager saja, namun seluruh aplikasi dibawah pengembang ES Global juga dihapus oleh Google. Aplikasi-aplikasi dari Du Global seperti Du Battery Saver hingga Du Screen Recorder juga dihapus oleh Google.

Sebelumnya DO Global diketahui berbuat curang karena adanya klik iklan palsu yang dinyatakan sebagai fraud untuk meningkatkan pendapatan mereka. Google pun langsung melarang DO Global merilis aplikasi di toko aplikasi tersebut. DO Global ini dimiliki oleh raksasa internet Tiongkok, Baidu.

ES File Manager sebelumnya juga menuai kontroversi. Aplikasi ini membawa adware ‘Charging Boot’ yang akhirnya kemudian dihapus, dan adanya sejumlah bloatware pada versi gratis (yang bisa hilang dengan mengunduh versi Pro).

via Android Police

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.