via eBay

Smartphone Android Nokia sudah kita temui sekarang ini, tapi buat kamu yang pingin tau seperti apa purwarupa smartphone Nokia ini dahulu kala, ini dia bentuknya!

Ada dua smartphone prototype atau purwarupa Nokia yang dijual di toko online eBay, yakni Nokia Kataya dan Nokia Ion Mini. Keduanya punya perbedaan, terutama pada segi sistem operasi dan bentuk fisik. Nokia Kataya ini diduga berbasiskan diantara Maemo, Meego, atau Meltemi, sedangkan Nokia Ion Mini menggunakan Android 4.3 Jelly Bean.

Baca juga:

Secara fisik, Nokia Kataya akan mengingatkan kita pada Nokia X, smartphone Android pertama Nokia. Tak banyak spesifikasi yang diungkap di laman eBay, tapi didalam ponsel ini sudah terdapat NFC tag untuk mengaktifkan perintah suara, dan pada bodi ponsel terdapat tulisan “Built on Krakatau”.

Meskipun ada kamera di ponsel purwarupa ini, tapi aplikasi kamera tidak ada didalamnya. Wajar memang, terlebih statusnya yang masih purwarupa. Begitupula dengan softwarenya yang dikatakan masih ada bug.

Sedangkan Nokia Ion Mini punya fisik yang lebih kecil dari iPhone 5S. Layarnya beresolusi 480×800 pixel, dan .Smartphone ini ditenagai chipset Snapdragon 400 1.2GHz, memori 8GB, dan RAM 1GB.

Menariknya, prototype ini sudah memakai Nokia Z Launcher dan semua fungsi smartphone ini bisa bekerja dengan baik termasuk kamera, Wi-Fi, 3G, hingga tentu fungsi telepon.

Meski memakai Android, Nokia Ion Mini tak dilengkapi dengan Google Play Store. Tapi ada sejumlah aplikasi Google di dalamnya seperti Google Chrome.

Disebutkan oleh sang penjual, kedua smartphone prototype ini dibuat sebelum divisi produk dan layanan Nokia diakuisisi Microsoft pada tahun 2014 lalu.

Tertarik memilikinya? Siapkan kocek dalam-dalam karena Nokia Kataya dijual seharga USD 1.999 atau sekitar Rp 28,2 jutaan. Sedangkan Nokia Ion Mini dibanderol lebih murah, yakni USD 1.499 atau sekitar Rp 21 jutaan.

Via NPU

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.