Smartphone Samsung Galaxy beberapa diantaranya mempunyai proteksi ketahanan air dan menjadi salah satu keunggulannya. Namun gara-gara fitur ini, Samsung harus diseret ke jalur hukum oleh penggunanya. Kenapa?

Hal ini bermuara pada iklan ponsel Samsung Galaxy. Iklan tersebut menampilkan kemampuan smartphone yang bisa digunakan di pantai ataupun di kolam renang. Padahal Samsung tidak merekomendasikan penggunaan smartphone dengan kemampuan tahan air tersebut di area tersebut.

Baca juga:

Misalnya pada salah satu bagian di website Galaxy S10, Samsung menuliskan hanya mencoba ketahanan air pada smartphone di air tawar, itupun ditulis dengan ukuran yang kecil.

Selain itu, Samsung juga menuliskan dalam persyaratan garansi kalau smartphone Samsung “tidak direkomendasikan digunakan di pantai ataupun di kolam renang”, dan “kerusakan karena air ataupun debu tidak dijamin oleh garansi.”

Inilah yang membuat sejumlah konsumen menilai iklan tersebut menyesatkan, karena bisa membuat konsumen lain yakin smartphone tersebut bisa dipakai di air selain air tawar. Mereka pun menggugat Samsung ke Komisi Persaingan dan Konsumen (ACCC) Australia.

ACCC pun menindak lanjuti dengan mengambil 300 iklan Samsung dari TV, media sosial, online, billboards, hingga brosur yang memperlihatkan kemampuan tahan air di kondisi air garam seperti di pantai.

ACCC berpendapat, Samsung tidak memiliki dasar yang jelas mengenai kemampuan tahan air tersebut. Selain itu diduga Samsung telah melakukan pengujian terhadap smartphone di kondisi selain di air tawar.

“Samsung sendiri telah mengakui bahwa ketahanan air merupakan faktor penting mempengaruhi keputusan konsumen di Australia ketika mereka memilih ponsel apa yang dibeli,” kata Chairman ACCC, Rod Sims.

Ia juga turut menambahkan Samsung menolak konsumen mendapatkan pilihan informasi dan memberikan keunggulan fitur secara tidak adil.

Lalu apa kata Samsung? Menurut Samsung, pihaknya tak memberikan perlawanan gugatan hukum apapun dan membela diri.

“Samsung mendukung pemasaran dan iklan dari ketahan air dari smartphone,” kata Samsung dalam pernyataannya.

“Kami percaya bahwa kami menyediakan solusi gratis kepada pelanggan dengan cara yang konsisten dengan kewajiban Samsung yang berdasarkan garansi pabrik dan hukum konsumen Australia,” tambah Samsung.

Umumnya smartphone Samsung yang memiliki kemampuan tahan air ini punya kemampuan proteksi IP67 ataupun IP68 yang bisa tahan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Apa komentar kamu?

via ABC

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.