via Straitstimes

Huawei akhirnya menjawab akan hadirnya sistem operasi baru buatan sendiri, yakni Hongmeng OS. Huawei membenarkan tengah mengembangkan sistem operasi ini. Tapi..

Hal ini dikatakan oleh Chairman Huawei, Liang Hua. Namun Huawei tak mengembangkan Hongmeng OS untuk perangkat smartphone, melainkan perangkat Internet of Things atau IoT. Huawei masih setia memakai Android.

“Hongmeng OS dikembangkan terutama untuk perangkat IoT yang dapat mengurangi latensi. Dalam hal smartphone, kami tetap menggunakan sistem operasi dan ekosistem Android sebagai “pilihan utama.”” kata Liang Hua.

Baca Juga:

Ia menambahkan Huawei tidak membuat Hongmeng OS menjadi sistem operasi untuk perangkat smartphone Huawei, ataupun Honor yang menjadi sub-brand mereka.

“Kami tidak merencanakan Hongmeng OS dapat dikembangkan menjadi sistem operasi smartphone kedepannya,” tambahnya

Senior Vice President Huawei, Catherine Chen juga mengatakan yang senada, Huawei akan tetap menggunakan sistem operasi buatan Google ini.

Namun tak jelas apakah kesetiaan menggunakan Android ini akan tetap sama jika Huawei tersandung masalah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yang membuat Huawei sempat terancam tidak bisa memakai layanan dan aplikasi Google di Android. Tapi setidaknya Huawei masih berhak menggunakan Android versi terbuka yakni Android Open Source Project (AOSP).

Dikatakannya, Huawei telah mengembangkan Hongmeng OS jauh sebelum media santer memberitakan sistem operasi ini. Ia juga memastikan Hongmeng tidak diperuntukan bagi smartphone, namun untuk penggunaan di industri.

Hmm.. gimana komentar kamu?

via Pocketnow, 2

  Banyak yang Bingung Milih Hape Ini  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.