via CNET

Setelah rilisnya tertunda 4 bulan akibat masalah serius di layar, Samsung akhirnya resmi meluncurkan kembali smartphone layar lipat perdananya, Galax Fold. Harganya?

Pada Galaxy Fold yang baru ini, Samsung memperbaiki sejumlah titik penting yang krusial untuk sebuah smartphone layar lipat, yakni layar, hingga engsel smartphone. Di Galaxy Fold ini, Samsung meluaskan pelindung layar hingga ke sudut terujung layar untuk mencegah pengguna tak sengaja melepasnya.

Baca Juga:

Engsel di atas dan bawah telah diperkuat, dan diberi tambahan proteksi. Di bawah layar fleksibel Galaxy Fold juga diberi tambahan logam metal untuk menambah proteksi layar. Sementara itu celah layar ketika ditutup dikurangi, meski kini masih ada sedikit celah namun tak sebesar yang lama.

Meski sempat tertunda, Samsung optimis berbagai kalangan akan membeli smartphone layar perdananya ini.

“Kami yakin untuk meluncurkan di teknologi ponsel pionir ini, dan memungkinkan pengguna merasakannya,” kata CEO Samsung Mobile, DJ Koh.

Galaxy Fold akan dijual dalam dua varian, 5G dan 4G LTE. Varian 5G ini hanya akan tersedia di negara tertentu saja yang sudah memiliki jaringan 5G. Per hari ini (6 September 2019), Galaxy Fold sudah bisa didapatkan di Korea Selatan. Sementara itu di negara lain seperti Perancis, Jerman, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat akan menyusul.

Ada dua warna Galaxy Fold yang disediakan Samsung, Cosmos Black dan Space Silver.

Galaxy Fold dibekali dengan spesifikasi kelas flagship. Layar utamanya Dynamic AMOLED sebesar 7.3 inch beresolusi QHD, sedangkan layar covernya sebesar 4.6 inch dengan panel AMOLED beresolusi HD+.

Layarnya yang bisa dilipat inilah yang membuatnya bisa berubah menjadi layaknya tablet 7 inch. Ketika pengguna merasa kurang luas dengan memakai layar cover depan, cukup membuka ponsel saja dan aplikasi pun akan menyesuaikan dengan tampilan layar.

Smartphone ini ditenagai prosesor octa-core dari Snapdragon 855, dengan RAM 12GB, dan memori internal sebesar 512GB.

Galaxy Fold total mempunyai 6 buah kamera. Terdiri dari kamera belakang yang terdapat tiga buah dengan resolusi 16MP + 12MP (wide angle) + 8MP (telephoto), kemudian dua di depan beresolusi 10MP + 8MP (RGB depth), dan satu di cover beresolusi 10MP.

Smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4380 mAh untuk varian 4G, dan 4235 mAh untuk varian 5G.

Harganya tetap sama seperti Galaxy Fold kala dahulu akan dijual, 1.980 Dollar AS atau sekitar Rp 28 jutaan.

Gimana komentar kamu?

  Apple Watch LOW BUDGET..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.