via GadgetMatch

Wabah virus corona membuat sejumlah perusahaan teknologi maupun smartphone harus absen di pameran smartphone terbesar, Mobile World Congress 2020. Setelah LG dan Sony, kini giliran Vivo yang menyatakan tidak hadir.

Dalam pernyataannya, Vivo batal mengikuti seluruh kegiatan pameran di Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona mendatang, termasuk acara lain yang dipersiapkan Vivo di Barcelona.

Baca juga:

Vivo beralasan batal mengikuti MWC 2020 karena khawatir virus corona dapat menginfeksi karyawan Vivo maupun pengunjung pameran. Terlebih, Vivo memang berbasis di Tiongkok, negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak di dunia.

“Vivo telah memantau dengan seksama wabah Novel Coronavirus Pneumonia (NCP) dan secara terus menerus mengevaluasi kegiatan yang direncanakan. Kesehatan dan keselamatan dari karyawan kami dan masyarakat adalah prioritas utama kami. Berdasarkan situasi saat ini, kami telah memutuskan untuk membatalkan dari debut kami di MWC 2020 dan acara terkait lainnya akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol,” kata Vivo dalam pernyataannya.

Batal hadirnya Vivo di MWC 2020 tidak serta-merta turut membatalkan memamerkan smartphone Vivo APEX 2020. Vivo akan tetap mengumumkan smartphone ini secepatnya, meski demikian Vivo belum memberi tanggal pastinya.

“Kami segera mengumumkan ponsel konsep APEX 2020 yang semula kami rencanakan akan dipamerkan di MWC. Kami akan membagikan perkembangan terkininya pada waktunya,” tambah Vivo.

Vivo kian menambah deretan raksasa teknologi yang batal mengikuti ajang pameran tahunan ini karena virus corona. Selain Vivo, sudah ada LG dan Sony yang menyatakan batal hadir di MWC 2020. Sony pun akan meluncurkan smartphone Xperia 1 secara online melalui YouTube.

Bahkan baru-baru ini, perusahaan asal Jepang, NTT Docomo, raksasa chipset Intel, dan raksasa e-commerce Amazon, juga memastikan absen di MWC 2020.

“Terkait wabah dan kekhawatiran mengenai virus corona baru, Amazon akan menarik diri dari pameran dan berpartisipasi di Mobile World Congress 2020, yang dijadwalkan pada 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol,” kata Jubir Amazon kepada Techcrunch.

TCL juga membatalkan acara konferensi persnya di MWC 2020, namun akan tetap hadir di pameran ini.

“Keputusan ini tidak mempengaruhi kegiatan MWC 2020 lainnya yang direncanakan perusahaan dan TCL akan tetap mengumumkan perangkat ponsel terbaru dan memamerkannya di stannya,” kata TCL dalam pernyataannya.

GSMA selaku penyelenggara belakangan ini telah mengumumkan akan melarang pengunjung MWC 2020 yang berasal dari provinsi Hubei, Tiongkok. GSMA juga akan meminta para pengunjung yang berasal dari Tiongkok untuk menunjukkan bukti bahwa mereka tidak berada di Tiongkok selama 14 hari sebelum datang.

via The Verge, The Mobile Indian, GSMA

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.