via LetsGoDigital

Samsung dikenal sebagai pionir smartphone dengan layar lengkung. Kedepannya akan ada beberapa inovasi layar lengkung lain yang dibuat raksasa elektronik asal negeri gingseng ini.

Seperti dalam paten terbaru yang diajukan Samsung ini. Samsung mempatenkan desain smartphone dengan layar melengkung di keempat sisinya, atau quad-curve. Paten ini diajukan Samsung Display ke CNIPA (Chinese National Intellectual Property Administration) sejak Juli 2019.

Baca juga:

Paten ini kemudian baru dipublikasikan sejak 24 Maret 2020 lalu, dan telah masuk dalam database desain di Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Beberapa bulan kemudian, desain ini juga telah terdaftar di Korea.

Penampilannya berbeda dari smartphone Samsung yang sudah ada. Galaxy S10 misalnya, yang mempunyai layar melengkung di sisi kiri dan kanan layarnya. Sedangkan di paten ini, bagian sisi atas dan bawa juga dibuat layar lengkung.

via LetsGoDigital

Kalau dilihat dari gambar paten tersebut, tampak hanya ada sedikit frame samping yang begitu tipis, begitupula di bagian atas dan bawahnya. Hal ini membuat bagian depan smartphone dipenuhi oleh layar.

Dari paten ini kemudian dibuat gambar rendernya oleh Concept Creator bersama LetsGoDigital. Kira-kira smartphone dengan paten tersebut akan tampil dengan layar yang hampir tak punya bezel atau pinggiran layar sama sekali.

Samsung sepertinya juga ingin membuat smartphone yang benar-benar full screen. Karena itu, kamera depannya juga sudah dipastikan tak akan mengusung desain pop-up sebab tak ada ruang yang tersisa di bagian atas. Kamera depan kemungkinan akan menggunakan teknologi di bawah layar atau under display camera.

Render ini turut memasukkan tombol, modul kamera, dan port USB type-C yang dalam gambar paten tidak ditampilkan, agar bentuknya menyerupai sebuah smartphone.

via LetsGoDigital

Sepertinya, Samsung akan mengikuti jejak brand smartphone lain yang mengadopsi layar waterfall display, yang membuat layar bisa mencapai bagian sisi samping dan melengkung dengan sudut hingga 90˚. Saat ini baru Vivo yang merilis smartphone dengan layar ‘air terjun’ lewat Vivo NEX 3.

Meski begitu, desain quad curve ini sudah tak baru lagi. Ya, Samsung sudah kecolongan, sebab Huawei sudah merilis smartphone dengan layar quad curve dengan Huawei P40 Pro.

Sebelumnya Samsung telah mematenkan desain layar smartphone dengan seluruh sisi layar yang melengkung pada tahun lalu. Hanya saja, fisiknya berbentuk bulat.

Perlu kamu ketahui bahwa bisa saja paten ini tak digunakan Samsung di desain smartphone baru mereka nantinya.

Bagaimana menurut kamu?

via LetsGoDigital, PocketNow

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.