Oke segmen opini kali ini aku akan membahas tentang aplikasi youtube premium di platform android. Banyak orang masih bingung dan mungkin bertanya-tanya, apakah upgrade ke Premium menjadi sebuah keuntungan, atau malah menjadi buntung, karena tidak bisa memanfaatkan tiap fitur yang tersedia di Youtube Premium.

Baca Juga:

Oke sebelum kita bahas secara detail, kita kenali dulu latar belakangnya ya. Youtube Premium ini sebenarnya sudah di lepas di pasaran sekitar 2 tahun yang lalu, sampe sekarang pun masih belum menuai kesuksesan besar seperti Spotify misalnya, atau Netflix yang mengeruk keuntungan besar di beberapa tahun terakhir.

via 9to5google

Padahal pengguna aktif Youtube sendiri menyentuh angka ratusan juta user lebih, dan pastinya sudah tak terhitung lagi banyaknya konten-konten yang ada di Youtube ini. Tetapi ini benar-benar menjadi anomali tersendiri mengapa Youtube Premium masih belum meledak hingga sekarang.

Untuk masalah harga sebenarnya tidak terlalu mahal, kamu hanya mengeluarkan Rp. 59.000,00 per bulan untuk bisa menikmati konten secara eksklusif. Ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan jika kamu upgrade ke premium yaitu yang pertama pastinya bebas iklan dan kamu bisa menikmati tiap video tanpa gangguan iklan sama sekali. Kedua ada Background play, dimana kamu bisa menikmati lagu, podcast atau video apapun ketika aplikasi minimize atau bahkan screen off. Ketiga Offline playback, kamu bisa mendownload video tersebut dan menontonnya secara offline. Keempat Youtube Music Premium, bukan rahasia umum bahwa youtube mempunyai database terlengkap soal lagu, dan tentunya kamu bisa mencari-cari lagu yang bahkan tidak ada di Spotify. Kelima Youtube originals dimana kamu akan menikmati berbagai macam rekomendasi yang cocok dengan tontonan kamu.

Via 9to5Google

Bisa kamu lihat banyak banget yang di tawarkan oleh Youtube hanya dengan membayar Rp. 59.000,00. Yang paling membuat aku pribadi tergiur adalah fitur ad-free dan Background play nya, dan jika kita menikmati Youtube Premium dengan menggunakan smart TV pun benar-benar memanjakan memang.

Tetapi ada kelebihan pasti ada kekurangan, nah kekurangan Youtube Premium ini mulai bergeser dari awalnya mengakomodasi youtuber-youtuber yang berkualitas, entah mengapa belakangan ini yang sering muncul di beranda malah video artis-artis. Masalah ini tidak hanya terjadi di Youtube gratisan, tetapi juga merembet ke Youtube Premium. Padahal jika algoritma nya diperbaiki, akan banyak channel youtube yang lebih berkualitas yang akan mendapat spotlight daripada video artis tersebut. Jelas ini adalah pengurangan kualitas dari Youtube sendiri, dan banyaknya video-video berkualitas dengan jumlah view yang lebih sedikit, mulai terpinggirkan dengan video kolab sesama artis dengan jumlah view yang sangat besar.

Sedang kan untuk Youtube Music Premium sendiri meskipun memiliki database yang besar, tetapi masih belum bisa menggeser Spotify atau Joox sebagai aplikasi streaming musik terbaik. Nah Muncul lah pertanyaan, apakah upgrade ke premium worth it?. Jika kamu mencari pengganti Netflix dan mencari film-film di youtube jawabannya adalah tidak, mending duit 59 ribu tersebut kamu buat langganan Netflix daripada kamu habiskan mencari daftar film di Youtube Premium. Selanjutnya untuk stream musik, spotify masih jadi daftar terbaik untuk saat ini, meskipun database lebih banyak tetapi masih bisa kamu cari dengan youtube versi gratisan kok.

Jika di update terbaru algoritma pencarian youtube premium bisa diperbaiki, mungkin bisa membuat aplikasi ini dilirik banyak orang. Tentunya Youtube Premium harus sering-sering memberikan spotlight besar kepada Originals Creator daripada memberikan porsi besar kepada artis-artis.

Oke itu tadi artikel tentang Youtube premium, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang game atau aplikasi yang ingin di bahas, kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih !.

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.