Jika kamu mempunyai smartphone android, mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan keamanan smartphone kamu. Fitur keamanan itu ada kok di dalam Android versi terbaru, dan bila belum ada kamu bisa mendownloadnya di Google Playstore.

Baca Juga:

Dengan sedikit meluangkan waktu untuk mengkonfigurasi android security tersebut, smartphone kamu akan tetap aman, meskipun smartphone kamu hilang atau kecopetan (semoga tidak) kamu bisa tetap melacak smartphone kamu dimana pun berada. Oke kita langsung bahas aja ya.

Find My Device

Kehilangan smartphone, merupakan hal paling lumrah dan yang paling menyebalkan terkadang kita kehilangan smartphone entah itu akibat kecerobohan kita atau tercuri. Nah kamu gak usah khawatir dengan hal tersebut, kamu bisa menginstall Find My Device di smartphone kamu, tetapi ada kok smartphone yang langsung ada aplikasi ini, aplikasi ini juga cukup akuran dalam memberikan lokasi jadi bisa dibilang ini adalah aplikasi yang harus ada di smartphone kamu. Download Find My Device.

Google Play Protect

Nah selanjutnya ada aplikasi security android Google Play Protect, nah fungsi dari aplikasi ini adalah menghalangi segala bentuk malware yang ada di android. Mungkin ada suatu kondisi dimana kamu menginstall aplikasi diluar Playstore, nah aplikasi ini bekerja untuk memastikan aplikasi tersebut terbebas dari segala macam malware. Untuk mengecek apakah aplikasi ini ada di smartphone kamu atau ingin mengaktifkan aplikasi ini, kamu bisa membuka settings> security> Google Play Protect dan aktifkan.

Lock Screen Security Options

Lockscreen merupakan pengamanan tahap pertama dari sebuah smartphone, dan ini juga menjadi pengaman dari orang yang ingin membuka smartphone kamu tanpa izin. Memang untuk smartphone sekarang ini sudah memiliki fitur face recognition ataupun fingerprint, kamu benar-benar harus memaksimalkan fitur tersebut untuk menghindari orang yang membuka smartphone kamu tanpa izin.

Ohh ya aku juga menyarankan untuk membuat active screen selama 15 detik ya, supaya ketika kamu tidak memakai smartphone, layar akan langsung terkunci dengan interval 15 detik tersebut, ya meskipun sedikit ribet ketika kamu login kembali, tapi bisa menambah keamanan smartphone kamu.

Atur Kunci Aplikasi

Mungkin semua user android tahu tentang fitur yang satu ini, ya fitur ini mempunyai fungsi memberikan password atau sandi kepada aplikasi yang menurut kamu penting. Fitur ini memang cukup sering dipakai oleh user android, dan ini memang sangat diperlukan untuk mengamankan data yang ada di dalam aplikasi tersebut. Jujur saja aku juga sering memakai fitur ini, dan pastinya fitur ini sangat membantu dimana hanya kita sendiri yang bisa mengaksesnya.

Pakailah Safe Browsing pada Chrome

Jika kamu hobi berselancar internet, kamu harus mengaktifkan mode safe browsing pada Chrome kamu. Internet memang sungguh tricky, dimana akan ada banyak banget malware, spyware, virus atau apapun yang bersifat negatif untuk kamu. Aplikasi ini sangat efektif dan akan mengingatkan kamu jika ada situs yang meminta e-mail atau password kamu, dan pastinya dengan kemampuan interupsi ini, kamu bisa berpikir dua kali sebelum memberikan sebuah e-mail dan password pada website yang kurang bisa dipercaya.

Jangan Pernah Menginstall Aplikasi dari Situs yang Tidak Dikenal

Banyak user android yang sering tertipu untuk menginstall aplikasi dari situs yang kurang dipercaya. Padahal ini sangat berbahaya, bisa saja di aplikasi tersebut ada Spyware, atau Malware yang bisa membuat kerugian besar kepada kita. Nah mulai kamu harus lebih aware jika memang aplikasi tersebut dari sebuah situs yang mencurigakan dan membutuhkan password atau e-mail kamu, kamu bisa menolak untuk menginstall aplikasi tersebut.

Emergency Info

Terakhir ada Emergency Info. Sebenarnya fitur ini sangat penting untuk kamu gunakan. Banyak orang masih menyepelekan hal ini, karena mungkin mereka menganggap fitur ini tidak terlalu penting. Emergency Info ini benar-benar penting loh untuk kamu, awalnya kamu harus memberikan sebuah nomor darurat, kamu bebas memberikan nomor orang tua kamu, atau pacar kamu mungkin dan harus nomor yang bisa dihubungi. Mungkin saja aplikasi ini bisa menyelamatkan nyawa kamu loh, karena banyak kejadian emergency info ini bisa menyelamtakan nyawa seseorang.

Oke itu tadi tips dan trik tentang android security yang bisa kamu praktekan di smartphone kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.