via The Verge

Sistem operasi buatan Huawei, HarmonyOS akan segera hadir untuk smartphone. HarmonyOS versi terbaru sudah dipersiapkannya yang lebih diperuntukan bagi smartphone.

Dalam acara Huawei Developer Conference di Shenzen, Tiongkok, CEO Consumer Business Group Huawei Richard Yu resmi meluncurkan HarmonyOS 2.0. Versi terbaru Harmony OS ini membawa peningkatan dukungan ke lebih banyak perangkat.

Baca juga:

HarmonyOS 2.0 dapat digunakan dalam smartwatch, head unit di mobil, hingga TV. SDK sistem operasi ini juga telah tersedia. Sedangkan untuk smartphone, SDK HarmonyOS 2.0 akan menyusul pada Desember mendatang.

SDK HarmonyOS 2.0 dapat diunduh di website resmi HarmonyOS.

Richard Yu sekaligus memberi sinyal, kehadiran smartphone perdana HarmonyOS dari Huawei akan tiba pada tahun 2021 mendatang. Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, ia mengaku tengah mempersiapkan smartphone pertama HarmonyOS.

Pada acara ini pula, Huawei merilis project OpenHarmony yang memungkinkan para pengembang untuk membuat versi open-source dari HarmonyOS. OpenHarmony ini tampak mirip dengan AOSP yang ada di Android.

Sementara ini OpenHarmony hanya mendukung perangkat dengan RAM 128MB atau dibawahnya. Namun pada bulan April tahun depan, akan meningkat menjadi 4GB. Barulah pada Oktober, Huawei menghapus limit kapasitas RAM di OpenHarmony.

Huawei sendiri mempersiapkan HarmonyOS sebagai sistem operasi untuk segala perangkat, termasuk PC, smartphone, smartwatch dan smartband, tablet perangkat IoT, hingga In-Vehicle Systems.

HarmonyOS juga tidak hanya diperuntukan bagi pasar Tiongkok saja. Dikatakannya, kedepannya HarmonyOS akan tersedia di seluruh dunia.

HarmonyOS dibuat Huawei sebagai pengganti Android. Meski hingga kini Huawei mengaku masih memilih Android sebagai pilihan utama, tapi HarmonyOS akan menjadi penggantinya jika Huawei dilarang penuh untuk menggunakan Android.

via The Verge

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.