Pada zaman yang sudah berkembang dengan pesat seperti ini, banyak orang mulai meninggalkan budaya membaca buku. Belum lagi sekarang ini, buku-buku mempunyai harga yang cukup mahal dan butuh sebuah tempat yang besar untuk menyimpannya. Sekarang ini, tren membaca sudah teralihkan oleh e-Book, dimana kita hanya mendownload e-book tersebut dan membacanya kapan pun kita mau.

Baca Juga:

Permasalahannya khususnya di negara ini, menemukan referensi sebuah e-book cukup susah dan rumit. Banyak banget tipikal format e-book yang berbeda-beda yang membuat para pembaca kadang malas untuk mencari sebuah judul e-book. Nah kali ini, aku akan merekomendasikan beberapa aplikasi ebook android yang bisa kamu download, kita langsung ke daftarnya ya.

1. Aldiko Book Reader

Pada daftar pembuka, ada aplikasi ebook android Aldiko Book Reader. Aldiko Book Reader ini merupakan salah satu aplikasi ebook tertua, dan saat ini pun Aldiko masih menjadi opsi yang bagus ketika kamu ingin membaca sebuah ebook. Aplikasi ini support dengan berbagai format ebook, mulai dari EPUB, PDF, Adobe DRM dan masih banyak lagi.

Aldiko ini juga dilengkapi dengan desain yang interface yang sangat rapi, jelas ini akan menambah kenyamanan kamu ketika membaca sebuah ebook. Kamu juga bisa membuka opsi penyesuaian loh, jadi kamu bisa menyesuaikan interface sesuai dengan kenyamanan kamu. Download Aldiko Book Reader.

2. Amazon Kindle

Amazon Kindle memang menjadi salah satu rujukan utama jika mencari sebuah ebook, bisa dibilang aplikasi ini merupakan toko ebook terbesar dan terlengkap di internet. Sebagai tambahan, akan ada banyak fitur bagi pembaca di aplikasi ini, sinkronisasi cross device dan database koleksi buku yang besar menjadi daya tarik utama untuk aplikasi ebook android Amazon Kindle ini.

Aplikasi Amazon Kindle ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis loh, tetapi interfacenya penuh dengan iklan yang cukup mengganggu. Untuk iklan sendiri hanya tersedia di pada beranda interface saja, ketika kamu membaca sebuah ebook, kamu tidak akan terganggu dengan iklan tersebut. Kamu juga bisa mendownload sebuah ebook dan membacanya secara offline. Download Amazon Kindle.

3. AlReader

Dalam daftar ini, AlReader merupakan yang “termuda” jika dibandingkan dengan aplikasi penyedia ebook yang lainnya. Selain itu, aplikasi juga support dengan android versi yang lebih lama, ini merupakan fitur yang cukup langka saat ini. Aplikasi ini juga support berbagai format ebook mulai dari EPUB, RTF, MOBI, PRC dan masih banyak lagi.

Masih ada beberapa fitur menyenangkan lain nya loh seperti customization options, auto scrolling, page turning animations dan masih banyak lagi fitur yang pastinya membuat kamu nyaman ketika membaca. AlReader ini bisa kamu dapatkan secara gratis, kamu juga bisa mengupgrade ke versi premium mulai dari Rp. 15.000,00 hingga Rp. 150.000,00. Download AlReader.

4. FBReader

Hampir mirip dengan Aldiko, FBReader juga merupakan salah satu aplikasi ebook android tertua. FBReader ini lebih banyak support format ebook seperti AZW3, EPUB, RTF, HTML bahkan plain text document.

User Interface yang ditawarkan pun cukup ringan, meskipun agak sedikit kuno tetapi tetap efektif dalam pencarian ebook maupun dalam layout menu-menu dari aplikasi FBReader ini. Aplikasi ini juga support gesture tangan loh, ini benar-benar mempermudah kamu ketika membaca sebuah ebook. Download FBReader.

5. FullReader

Selanjutnya ada aplikasi Full Reader. FullReader sendiri merupakan aplikasi ebook paling populer, dan paling modern untuk saat ini. Untuk file support nya pun sangat luas, bahkan support dengan MP3 untuk audiobooks. Sedangkan User Interfacenya, dengan menggunakan konsep klasik dengan sentuhan layout yang simpel membuat kamu pasti betah berlama-lama membaca ebook di aplikasi ebook android terbaik.

Fitur pendukung lainnya adalah cloud storage yang support dengan Google Drive dan Dropbox, AMOLED dark mode, terjemahan bahasa dengan 95 bahasa. Aplikasi ini benar-benar gratis dan kamu bisa menikmatinya tanpa dipungut biaya sekalipun, tapi kamu bisa memberikan sebuah donasi untuk membantu development dari aplikasi ini. Download FullReader.

6. Google Play Books

Google Play Books adalah kompetitor utama di lini aplikasi penyedia ebook seperti Amazon Kindle. Bisa dibilang Google Play Books adalah toko buku virtual, kamu bisa memilih bermacam-macam buku, majalah, dan masih banyak yang lainnya. Google Play Books sendiri sudah mendukung berbagai format ebook, format buku komik, dan tipe-tipe lain dari format ebook terbaru. Kamu juga dapat mengunggah buku tersebut ke cloud storage dan membaca buku tersebut dimana dan dengan apapun perangkat yang kamu pakai, sangat praktis bukan?.

Jelas ini akan menghemat ruang penyimpanan perangkat kamu dan tentunya kamu bisa mengaksesnya kapan pun kamu mau selama kamu terkoneksi dengan internet. Fitur-fitur dari Google Play Books ini juga ada banyak, termasuk rental buku, Rapid Skim Mode, dan fitur Quick Bookmark. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, tetapi ada beberapa ebook yang harus dibeli untuk bisa dinikmati. Download Google Play Books.

7. Kobo Books

Kobo Books juga merupakan salah satu toko buku online seperti Amazon Kindle dan Google Play Books, apalagi Kobo Books ini juga didukung oleh Rakuten jelas database buku dan ebook didalamnya sangatlah luas dan banyak. Aplikasi ini sangatlah basic, yang kamu lakukan tinggal membaca buku yang dibeli di Kobo Books ini. Kobo Books ini juga mendukung layanan audiobook dan ebook loh.

Fitur lainnya termasuk sinkronisasi cross device, download untuk mode offline, dan night mode untuk baca ketika malam. Fitur penelusuran pun lumayan banyak, jadi kamu bisa menemukan buku yang kamu cari dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, cuma kamu harus membayar buku-buku atau ebook yang kamu pilih. Download Kobo Books.

Oke itu tadi beberapa aplikasi ebook android terbaik yang bisa kamu download di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.