Perilisan Galaxy S20 via Arabyoum

Rumor terakhir menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S21 akan dirilis jauh lebih cepat, yakni sekitar bulan Januari 2021 dan sebagai tambahan info untukmu, Galaxy S21 diyakini akan memiliki tiga model yang berbeda (sama seperti Galaxy S20), yang terdiri atas Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra.

Baca juga:

Nah, hari ini ada kabar menarik mengenai ponsel Galaxy S21! Jika kemarin mereka sempat “ngebacotin” Apple yang gak menyertakan charger dalam box penjualan, ternyata hari ini Samsung dilaporkan akan mengambil langkah serupa, namun langkah yang Samsung ambil lebih halus.

Maksudnya gimana?

via Phone Arena

Gini loh, dari bocoran informasi terbaru yang sudah beredar, seluruh seri Samsung Galaxy S21 (tidak termasuk seri Lite) dirumorkan akan memiliki dukungan fast charging up to 65W. Nah, dalam box penjualan Galaxy S21, Samsung memang tetap akan menyertakan charger, namun charger yang Samsung sediakan tidak akan mendukung teknologi fast charging 65W, kabarnya sih cuma mentok di 25W / 33W.

Jadi, mau tidak mau kamu harus beli charger lain secara terpisah jika memang ingin menikmati teknologi 65W fast charging di Galaxy S21. Hal ini sebenarnya sudah mereka lakukan sejak era Note10+ dan juga S20 Ultra, dimana dukungan fast charging 45W untuk kedua ponsel tersebut baru bisa dinikmati jika kamu sudah membeli aksesori tambahan.

Tapi ada hal menarik disini! Tahukah kamu bahwa strategi ini (jualan charger dengan dukungan fast charging yang lebih kencang) sebenarnya pernah digunakan oleh brand lain dan kamu pastinya bisa menebak brand mana yang mempopulerkannya. Betul banget, lagi-lagi si Apple yang mempopulerkan teknik marketing seperti ini pada tahun 2017.

via iMore

Sebenarnya ketika iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X dirilis di tahun 2017, ketiga perangkat tersebut sudah mendukung fast charging (gak tau berapa dayanya, tapi bisa mengisi 50% dari kapasitas baterai dalam 30 menit). Namun dalam paket penjualan, Apple hanya memberikan charger dengan daya 5W yang sudah Apple sediakan selama beberapa tahun ke belakang. Jadi, kalau kamu ingin pengisian daya yang lebih cepat, maka kamu harus membeli aksesoris tersebut secara terpisah.

Intinya itu, Samsung dan Apple sama-sama ingin mendapatkan pemasukan lebih, ya 11-12 lah. Jadi gimana nih tanggapan kamu akan hal ini, apalagi jika seandainya rumor kali ini menjadi kenyataan? Sampaikan langsung pendapatmu di kolom komentar.

via Phone Arena

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.