Paket data memang merupakan hal yang wajib kita punya, apalagi di situasi sekarang yang membutuhkan koneksi internet di smartphone kita dimana pun kita berada. Harga paket data yang ditawarkan pun sangat bervariasi, ada yang harian, mingguan bahkan bulanan. Akan tetapi, kita terkadang lupa dengan pemakaian paket data tersebut, dan bisa dibilang terlalu boros ketika memakainya.

Baca Juga:

Kali ini, aku akan membagikan beberapa tips seputar menghemat pemakaian data kamu, tentunya ini akan berbanding lurus dengan pengeluaran kamu untuk membeli kuota paket data tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memonitoring pemakaian data kamu selama sebulan penuh, oke kita langsung saja ke langkah-langkahnya.

Atur Batas Data

Ketika kamu memilih sebuah paket data, pastinya kamu akan mendapatkan informasi berapa besar kuota paket data tersebut. Jika kamu sudah membeli kuota paket data tersebut, kamu bisa langsung mengatur batas data internet-an. Kamu bisa masuk ke menu setting atau pengaturan > tap kartu SIM dan jaringan seluler > tap Data Usage atau Paket Data > pilih Batas Data dan kamu masukkan jumlah total kuota kamu. Selain itu, kamu juga bisa memasang peringatan batas data, yang akan bekerja jika kamu sudah melewati batas pemakaian. Ini berfungsi akan berfungsi sebagai pengingat bahwa kuota kamu akan habis.

Monitoring Pemakaian Data

Monitoring disini sangat diperlukan, karena bisa dibilang ini adalah laporan tentang pemakaian data kamu. Kamu bisa melihat secara terperinci, aplikasi apa saja yang menyedot pemakaian data kamu mulai dari yang besar hingga yang kecil. Jika memang ada aplikasi yang menyedot paket data yang sangat banyak dan tidak diketahui oleh kamu, akan terdeteksi di monitoring ini dan kamu bisa langsung menonaktifkannya. Caranya gampang untuk membuka menu ini, kamu tinggal pilih settings > tap Penggunaan Data dan kamu akan mendapatkan informasi besaran data yang terpakai. Jika memang ada penyedotan kuota, kamu bisa langsung mematikannya dengan cara tap aplikasi tersebut > lalu matikan toggle Data Seluler, dan otomatis aplikasi itupun berhenti menyedot kuota kamu.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika dirasa cara tersebut terlalu rumit atau malah kurang terpercaya, kamu bisa memakai aplikasi NetGuard. Dimana aplikasi ini nantinya, akan menyertakan sebuah toggle yang bisa kamu atur untuk pemakaian paket data ataupun Wi-Fi. Misalnya kuota kamu banyak terserap oleh YouTube, kamu bisa mematikan toggle mobile data dan mengaktifkan Wi-Fi, jadi ketika kamu memakai paket data, kamu tidak akan bisa membuka YouTube, dan hanya bisa diakses ketika kamu tersambung dengan jaringan Wi-Fi.

Selain itu, kamu terkadang pernah menemukan sebuah paket data yang membeda-bedakan jaringan, misalnya kuota LTE 12 GB dan kuota 3G 8 GB. Kamu juga bisa mengatur hal tersebut di aplikasi NetGuard ini, dimana ketika kamu memakai jaringan 3G, kuota LTE akan aman begitu juga sebaliknya.

Aplikasi ini sangat membantu untuk kamu bisa mengawasi pemakaian internet kamu secara realtime, apalagi banyak smartphone yang lama tidak mempunyai fitur yang mumpuni untuk memonitoring pemakaian data, dan mungkin aplikasi ini bisa menjadi jalan keluar untuk mengawasi pemakaian internet tersebut. Download NetGuard

Oke itu tadi beberapa tips dan trik untuk mengontrol penggunaan kuota pake data kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #47: RIP Google Play Music! Fitur Baru Android! AMD vs APPLE, ONE UI 3.0!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.