Apakah kamu pernah lupa menaruh sesuatu seperti smartphone, smartwatch, ataupun headset bluetooth?. Memang hal tersebut lumrah terjadi kepada kita, dan tentunya akan sangat menyebalkan karena hal tersebut karena kecerobohan kita menaruh barang, terkadang kejadian itu membuat kita kebingungan dan menghabiskan banyak waktu hanya dengan mencari device yang hilang tersebut.

Baca Juga:

Kali ini, Samsung telah meningkatkan kinerja dari fitur SmartThings, dimana fitur ini akan menggunakan sebuah teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra Wide Band (UWB) yang bisa melacak sebuah device Samsung seperti smartphone, smartwatches, headset bluetooth, ataupun tablet yang mungkin terselip entah dimana rimbanya.

Untuk sekarang SmartThings ini masih dalam bentuk beta testing, dan sudah di tes pada 6 juta orang yang tersebar di Amerika, Inggris dan tentu saja Korea Selatan. Pihak Samsung sendiri juga yakin dalam waktu dekat fitur ini akan rilis secara global. Nantinya, kalau misalnya update tersebut sudah resmi diperkenalkan, kamu bisa mengaksesnya dengan cara tapping di bagian bawah homescreen dari aplikasi SmartThings.

Tentu saja, kamu harus melengkapi semua registrasi yang ada dalamnya, sesudah itu kamu bisa menemukan perangkat Galaxy kamu dengan mudah. Bahkan, meskipun device kamu terselip diantara sofa maupun kasur sekalipun, SmartThings ini akan memberikan sebuah map directions dan kamu bisa menggunakan ping untuk mencari dimana device tersebut. Ini jelas akan sangat bermanfaat jika kita mencari device yang jauh lebih kecil seperti headset bluetooth maupun smartwatches.

SmartThings ini juga sudah dilengkapi dengan Augmented Reality yang berbasis Search Nearby, yang fungsinya akan menampilkan tampilan yang unik. Apabila jika kamu semakin dekat dengan device yang dicari tersebut, akan ada sebuah animasi unik yang memberitahu secara intens jika posisi kamu semakin dekat dengan device tersebut. Selain itu, fitur ini bisa kamu gunakan meskipun device tersebut dalam keadaan offline, dan ketika mode offline aktif maka kemampuan Bluetooth Low Energy (BLE) akan otomatis bekerja.

Nantinya, Smarthings ini akan bekerja di semua device Galaxy series. Untuk Tablet ataupun Galaxy Phones, asal OS kamu ada di Android 8 ataupun diatasnya, kamu bisa menikmati fitur ini. Untuk Smartwatches, kamu memerlukan versi Tizen 5.5 ataupun versi terbaru.

Jadi bagaimana menurut kamu tentang update SmartThings dari Samsung ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih !.

Download SmartThings

Sumber

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.