Gak terasa memang kita sudah masuk di akhir pekan kedua di bulan Desember 2020, dan dari sekian banyak game yang telah dirilis pada tahun 2020 ini ada sebuah game yang sangat mencuri perhatian yaitu game yang bergenre olahraga yang bernama Tour de France 2020 Official Game – Sports Manager. Bukan tanpa alasan mengapa game ini layak menjadi game of the week pekan ini, keunikan serta kerumitan game ini menjadi sebuah daya tarik yang mungkin akan membuat kamu ketagihan ketika memainkannya.

Baca Juga:

Seperti biasa, kita akan membahas terlebih dahulu seputar latar belakang game ini terlebih dahulu ya. Game Tour de France 2020 Official Game – Sports Manager ini dikembangkan oleh developer yang bernama Playsoft, dan sejauh ini Playsoft baru mengeluarkan dua game Super Brawl Universe dan Tour de France yang sedang kita bahas ini, tetapi dua game ini mempunyai rating yang cukup tinggi dan Tour de France sendiri mendapatkan rating sekitar 4,0 ini membuktikan bahwa game ini cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Mungkin Tour de France sendiri memang cukup asing bagi kamu, padahal Tour de France merupakan kasta tertinggi dari balapan sepeda. Nah, pada game ini nantinya kamu akan menjadi seorang manager dan strategist, yang mana kamu mempunyai kuasa untuk mengatur ritme pembalap kamu. Tidak hanya dua pembalap yang akan kamu tangani, tetapi ada enam pembalap sepeda yang kamu harus bisa kamu maintain untuk memenangkan sebuah balapan.

Enam pembalap ini nantinya akan mempunyai tugas-tugas khusus dan mempunyai spesialisasi yang berbeda-beda, ada yang spesialiasi tanjakan, ada juga sprint, dan ada juga yang spesialisasi untuk menahan sebuah rombongan agar kamu bisa menyesuaikan pace balap supaya tidak ketinggalan. Inilah salah satu keunikan dan kerumitan dari game olahraga android terbaik Tour de France 2020 Official Game-Sports Manager ini, dimana kamu harus benar-benar teliti untuk mengatur pembalap-pembalap ini supaya bisa memenangkan balapan tersebut.

Jadi kamu harus tahu kapan waktu untuk menghemat stamina, kapan waktu untuk mengambil sebuah support seperti minuman, atau kapan harus sprint dan tanjakan yang pastinya juga mempunyai strategi yang berbeda juga. Nah, hal inilah yang benar-benar harus kamu coba, dari gameplay nya saja sudah mempunyai karakteristik yang rumit dan pastinya sangat worth-it untuk kamu taklukkan. Tentunya kamu juga bisa melatih pembalap kamu untuk meningkatkan atribut mereka, selain itu kamu juga bisa mengupgrade berbagai tools di sepeda kamu agar memudahkan kamu memenangkan sebuah stage.

Dari sisi grafis sendiri bisa dikatakan cukup bagus, dan tidak ada yang visual yang menggelegar seperti game olahraga android lainnya. Animasinya pun cukup simpel, dan hanya menampilkan selebrasi kemenangan maupun mengayuh sebuah sepeda. Jadi jika misalnya kamu mempunyai smartphone yang cukup lama, kamu bisa memainkan game android ini secara lancar kok. Tapi menurut aku pribadi ini cukup proporsional, karena sebuah game dengan genre manager seperti ini tidak terlalu memerlukan sebuah grafis dan animasi yang berlebihan.

Jika berbicara sebuah fitur, game ini juga mempunyai fitur yang cukup banyak kok, kamu bisa memainkan game ini secara solo ataupun memainkannya secara multiplayer. Selain itu ada beberapa event yang bisa kamu ikuti, pastinya dengan adanya event-event yang berbatas waktu ini, kamu bisa mendapatkan sebuah sepeda ataupun mungkin equipment-equipment yang dibutuhkan untuk mengupgrade atribut sepeda maupun pembalap kamu.

Kelebihan dari game ini dan yang paling menonjol adalah gameplaynya, gameplaynya benar-benar khas dan mungkin belum akan kamu dapatkan pada game olahraga android lainnya. Memaintain enam pembalap ini merupakan sebuah tantangan yang sangat besar, permainan timing benar-benar menjadi hal krusial di game ini, jadi kamu harus bisa benar-benar multitasking dalam sebuah satu kali balapan. Tidak hanya itu, di tiap balapan pun mempunyai rute-rute yang berbeda, pastinya akan ada perbedaan strategi yang harus kamu tempuh dan tentu saja ini sangat rumit. Kerumitan inilah yang menjadi sebuah daya tarik utama yang tentunya harus kamu coba dan rasakan, bagaimana menangani sebuah tim balap sepeda profesional. Selain itu, kontrol dari game ini juga menjadi sebuah kelebihan tersendiri, kontrol game ini cukup mudah kok jadi mungkin ini akan memudahkan kamu untuk mengatasi segala kerumitan gameplay yang ada di dalam game ini. Untuk equipment sangat mudah di dapat kok, jika kamu menyelesaikan sebuah quest-quest game, nantinya kamu akan mendapatkan equipment untuk menunjang atribut kamu.

Kekurangannya mungkin ada di pay to win, karena game ini sangat mengandalkan sebuah atribut. Memang mudah untuk mendapatkan sebuah equipment dengan menyelesaikan sebuah task ataupun quest, tetapi itupun hanya atribut-atribut kecil dan tentu saja cukup lama jika mengandalkan equipment tersebut, jadi hal inilah yang membuat progres game terasa amat lambat. Selain itu, game ini juga hanya bisa dimainkan secara online, padahal jika game ini bisa dimainkan secara offline mungkin game ini akan cukup meledak di pasaran.

Tetapi overall dengan segala kelebihan dan kekurangan dari game Tour de France 2020 Official Game – Sports Manager, game ini sangat aku rekomendasikan untuk kamu yang menyukai game berbasis manager, bagaimana?, apa kamu tertarik untuk mencobanya?.

Oke itu tadi segmen game of the week pekan kedua di bulan Desember 2020 ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

Download Tour de France 2020 Official Game – Sports Manager.

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.