Kabar terbaru datang dari sosial media Twitter, yang mana mereka telah merilis pengamanan tambahan di platform mobile mereka. Jadi, kamu sekarang bisa menggunakan pengamanan secara two-factor authentication (2FA) yang menjadikan kamu lebih mudah ketika login ke akun Twitter.

Baca Juga:

Metode 2FA ini sebenarnya bukan metode baru yang diperkenalkan oleh Twitter, metode pengamanan ini merupakan sering kita temui jika login menggunakan Twitter yang versi desktop. Nah, dengan metode security 2FA ini kamu bisa menggunakan sebuah security key untuk masuk ke akun lewat platform mobile.

Pengertian 2FA Security

Jika misalnya ada diantara kamu yang bingung dengan metode security 2FA, ini memungkinkan kamu untuk memverifikasi akun hanya dengan mencolokkan kunci keamanan USB ke perangkat kamu, dan bisa juga kamu menggunakan NFC. Kamu juga bisa menggunakan smartphone sebagai sebuah kunci keamanan sehingga lebih mudah login akun.

Mempunyai sebuah security key akan membuah para hacker sulit untuk meretas sebuah akun. Meskipun para hacker tersebut mempunyai ID ataupun password, mereka tetap memperlukan physical key yang hanya kamu sendiri yang mengetahuinya.

Seperti yang dilansir dari sebuah tweet dari akun Twitter pribadi yaitu Twitter Support, sekarang ini Android maupun iOS bisa menikmati fasilitas fitur dari physical security key ini. Dengan adanya persamaan security key antara platform PC dan Mobile, kamu tidak akan perlu repot-repot login karena security yang dihasilkan antara PC dan Mobile sama.

Memang urgensi Twitter untuk mengembangkan fitur security ini sangatlah penting, mengingat pada bulan Juli 2020 kemarin banyak akun Twitter yang terkenal, terkena scamming yang berkonsep cryptocurrency. Diantara nama-nama besar tersebut ada nama yang berpengaruh bahkan, seperti Elon Musk, Apple, Joe Biden dan masih banyak lagi. Maka dari upgrade 2FA ini menjadi sebuah prioritas dalam update Twitter kali ini.

Apakah 2FA Security Sepenting itu?

Mungkin untuk sekarang 2FA ini tidak terlalu penting dan kesannya seperti merepotkan, tetapi jangan salah karena ini bisa membantu untuk menghindari serangan cyber di masa mendatang. Memang sedikit merepotkan, tetapi langkah-langkah ini harus diambil untuk menghindari pencurian akun yang berpontensi bisa menjadi pencurian sebuah data diri.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang update kali ini?, apakah kamu setuju dengan update terbaru dari Twitter mengenai 2FA ini?, atau mungkin malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih.

Sumber

  10 Alasan Beli OPPO Band! Smartband Irit Fitur Komplit!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.