Kali ini aku akan membagikan sebuah tips dan trik untuk menikmati tayangan YouTube secara maksimal. Mungkin, diantara kamu sudah tahu tentang trik-trik ini, tetapi bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa coba sendiri menggunakan tips dan trik ini dan bisa dipastikan berhasil. Jadi kamu tetap bisa mendengarkan YouTube sambil di-minimize ataupun screen off.

Baca Juga:

Memang secara teori agak susah menikmati sebuah tayangan YouTube ketika layar mati atau sekedar di minimize, karena tayangan di YouTube tersebut akan secara otomatis mati. Ini dikarenakan YouTube secara otomatis menjeda video tersebut ketika kita minimize ataupun mematikan layar kita.

Memang kamu tidak bisa menggunakan trik ini di aplikasi YouTube kamu, tetapi kamu bisa menggunakan trik ini di aplikasi lainnya, tanpa perlu membayar apapun bahkan, sangat menarik bukan?. Langsung saja kita ke tips dan triknya ya.

1. Menggunakan Web Browser

Cara pertama, kamu bisa menggunakan sebuah web browser gratisan yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Metode ini bisa bekerja di semua perangkat smartphone kok, ini dia langkah-langkahnya.

  • Download dan Install salah satu dari dua Web Browser tersebut, Kebanyakan Chrome sudah ada secara default di smartphone, dan untuk Firefox kamu bisa mendownloadnya disini.
  • Masuk ke website YouTube, lalu kamu tap ke bagian settings (titik tiga) dibagian pojok kiri bawah atau atas browser. Selanjutnya kamu aktifkan situs desktop.
  • Ketika kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, cari sebuah video untuk kamu mainkan, lalu matikan layar smartphone kamu dan keajaiban pun terjadi!.
  • Jika ada satu keadaan playback kamu mati, kamu bisa menyalakannya kembali dengan mentap tombol play di menu playback kontrol pada lock screen kamu.
  • Kamu bisa menggunakan cara ini ketika minimize web browser tersebut loh, jadi kamu bisa sambil membaca artikel, atau mungkin bermain game, atau apapun sambil mendengarkan video YouTube.

3. New Pipe

Cara kedua, kamu bisa memakai sebuah aplikasi yang bernama NewPipe. Tetapi sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, selain itu banyak dari user mengatakan bahwa aplikasi ini tidak terlalu stabil. Tetapi ini juga bisa kok menjadi alternatif jika kamu gak mau menggunakan cara web browser yang pertama.

Kamu bisa menginstall NewPipe ini lewat F-Droid, jangan khawatir F-Droid menjamin semua keamanan aplikasi yang ada di dalamnya kok, jadi gak usah khawatir akan keamanan dari aplikasi NewPipe ini. Untuk awalnya ketika kamu menginstall aplikasi dari F-Droid maka akan ada sebuah notif yang mengingatkan bahaya, tapi kamu bisa mengaktifkan toggle “Allow from this source” untuk melanjutkan instalasi.

Setelah Instalasi, maka kamu bisa membuka aplikasi NewPipe, dan cari lagu yang ingin kamu putar. Seperti yang disebutkan di awal, bahwa aplikasi ini tidak stabil jadi ada beberapa kesalahan dan crash app ketika menggunakan aplikasi ini.

3. FloatTube

Nah, cara ketiga ini sangat simpel dan mudah, kamu tinggal install aplikasi yang bernama FloatTube. Dengan aplikasi ini kamu bisa menikmati segala bentuk video di YouTube dan menikmatinya walaupun layar smartphone kamu matikan. Selain itu, kamu juga masih bisa melihat video tersebut dengan mode layar mengambang, tentunnya layar mengambang ini bisa kamu minimize dan akan menjadi ikon kecil yang bisa kamu tap kapan saja, dan jika kamu ingin mematikan lagu kamu tinggal tap tombol close. Tetapi pastikan pengaturan FloatTube sudah kamu akses ya. Download FloatTube.

4. YouTube Premium

Cara Terakhir ya pakai YouTube Premium. Dengan YouTube Premium kamu bisa mengakses segala macam dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang gak bisa kamu dapatkan di aplikasi YouTube biasa, seperti bebas iklan, background play dan lain-lainnya.

Oke itu tadi beberapa tutorial serta tips dan trik seputar memutar YouTube ketika layar smartphone kamu mati, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran seputar aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.