via The Verge

Versi baru dari sistem operasi mobile Huawei, HarmonyOS 2.0 resmi dirilis secara beta pada akhir tahun lalu, dan akan digunakan di smartphone. Huawei pun langsung bergegas, dan akan segera meninggalkan Android.

Huawei memastikan smartphone perdana dengan HarmonyOS bakal diluncurkan tahun ini. Hal ini dikatakan oleh CEO Consumer Business Group Huawei, Yu Chengdong dalam perilisan smartphone layar lipat terbaru mereka, Mate X2.

Baca juga:

Pria yang juga dikenal dengan nama Richard Yu ini mengatakan, Huawei akan meluncurkan smartphone HarmonyOS pertama di bulan April mendatang.

Nantinya Huawei Mate X2 juga menjadi smartphone perdana Huawei eksisting yang menerima update ke HarmonyOS. Namun ia tak menyebut kapan migrasi ini dilakukan. Sekedar catatan, Huawei Mate X2 menjalankan OS Android 10.

Dugaannya, smartphone Huawei perdana dengan HarmonyOS tersebut ialah Huawei P50. Di Tiongkok, HarmonyOS digunakan pada smartphone ini. Sedangkan untuk varian global, masih memakai EMUI 11.1 yang berbasis Android.

Seperti smartphone flagship Huawei baru lainnya, Huawei P50 tak punya aplikasi dan layanan Google di dalamnya, termasuk Google Play Store. Semuanya diganti dengan buatan Huawei, atau yang disebut Huawei Mobile Services, dengan nama toko aplikasi Huawei AppGallery.

Bicara spesifikasi, saat ini belum banyak informasi spesifikasi Huawei P50 yang beredar. Semestinya smartphone ini dibekali dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari pendahulunya, Huawei P40. Kamera Leica kemungkinan besar masih dipakainya.

Huawei terlihat sangat berambisi pada HarmonyOS ini, pasca mendapat sanksi perdagangan dari Amerika Serikat sejak 2019 lalu. Sistem operasi ini tak hanya akan ada di smartphone saja, tapi juga di smartwatch, head unit di mobil, smart TV, hingga perangkat Internet of Things (IoT) lain.

via Gizchina

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.