via The Verge

Setelah tahun lalu dibatalkan imbas pandemi Covid-19, tahun ini pagelaran Mobile World Congress 2021 kembali diadakan di Barcelona. Namun sejumlah perusahaan ponsel tak hadir dalam helatan ini.

Sony Mobile menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan tak menghadiri MWC Barcelona 2021. Alasannya tentu saja karena pandemi dan sebagai gantinya Sony akan menggunakan pengumuman produk baru secara daring.

Baca juga: Imbas Corona, MWC 2021 Digeser ke Bulan Juni

“Sony Mobile telah mengambil keputusan untuk tidak berpartisipasi dalam MWC 2021,” kata salah seorang jubir Sony Mobile.

“Seiring dunia semakin beralih ke peluang digital dan online untuk mencegah penyebaran novel coronavirus (COVID-19), Sony Mobile akan berkomunikasi dengan cara yang dapat menyampaikan berita produk kami yang menarik ke khalayak yang lebih luas,” tambahnya.

Selain Sony, Nokia juga tidak menghadiri MWC 2021 ini. Namun Nokia berencana menggelar sebuah acara di MWC 2021 secara virtual.

“Kesehatan karyawan, pelanggan dan partner kami adalah sangat penting bagi kami,” tulis Nokia dalam pernyataannya.

“Mengingat sifat internasional dari acara tersebut dan dengan peluncuran vaksin global yang masih dalam tahap awal, kami telah memutuskan untuk berpartisipasi hanya dalam acara virtual,” tambah Nokia.

Raksasa teknologi jaringan Ericsson juga tak menghadiri MWC 2021. Sayangnya tak disebutkan apakah Ericsson akan menghadiri secara virtual atau tidak

“Dengan melihat dampak berkelanjutan dari Covid-19 dan pertimbangan utama terhadap orang-orang, kesehatan dan kebugaran mereka, kami memutuskan tidak berpartisipasi dalam MWC 2021,” kata Ericsson dalam pernyataannya.

Menanggapi adanya perusahaan yang mundur dari ajang pameran tahunan ini, GSMA selaku penyelenggara tetap menghargainya. GSMA juga berencana membuat platform virtual bagi perusahaan ataupun jurnalis yang tak bisa datang secara langsung.

“Kami menghargai bahwa itu tidak mungkin bagi setiap orang menghadiri MWC Barcelona 2021,” kata GSMA dalam keterangan resminya. “Opsi in-person dan virtual akan disediakan sehingga seluruh sahabat MWC Barcelona dapat mengadiri dan berpartisipasi dengan cara yang berhasil bagi mereka,” tambahnya.

Selain Sony, Nokia dan Ericsson, Facebook juga tak menghadiri MWC 2021 karena peraturan yang baru dikeluarkan akhir tahun lalu, yang tak mengizinkan menghadiri acara secara langsung di tempat hingga akhir Juni 2021 karena pandemi.

MWC 2021 di Barcelona sendiri rencananya akan digelar baik luring ataupun daring, tetap menggelar acara secara langsung dengan mendatangkan orang, serta membuat helatan virtual. MWC Barcelona 2021 akan dimulai pada 28 Juni hingga 1 Juli 2021.

Tahun ini diperkirakan MWC Barcelona 2021 menyedot 50 ribu pengunjung secara langsung, hanya setengahnya saja dari tahun-tahun sebelumnya yakni sekitar 100 ribu orang.

via CNET

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.