Menggambar merupakan hobi yang simpel dimana kita hanya hanya membutuhkan sebuah kertas sebagai media dan pensil atau kuas sebagai alat menggambar. Tetapi di era sekarang ini nyatanya banyak orang sudah beralih menggunakan perangkat digital untuk menggambar sesuatu, dan kebanyakan mereka menggunakan aplikasi di PC.

Baca Juga:

Nah, aplikasi menggambar tidak hanya di PC saja kok, kamu juga bisa salurkan hobi kamu di smartphone dan kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi menggambar android terbaik yang bisa kamu pilih. Oke, kita langsung ke daftarnya ya.

1. Clip Studio Paint

Clip Studio Paint bisa dibilang adalah aplikasi menggambar Android yang menjadi impian bagi banyak penyuka gambar, entah itu buat hobi ataupun untuk pro. Awalnya aplikasi ini tersedia hanya di iOS saja, tetapi akhir-akhir ini mereka mencoba masuk ke ranah Android. Aplikasi Clip Studio Paint ini mencakup hampir semua yang kamu butuhkan untuk menggambar, jadi bisa dibilang ini adalah aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan ketika memang kamu ingin memulai hobi kamu. Untuk versi gratisnya kamu bisa memilih antara free trial selama 3 bulan atau coba free version dengan pemakaian dibatasi satu jam di setiap harinya. Mending kamu coba deh, dan dijamin gak akan nyesel. Download Clip Studio Paint.

2. Adobe Illustrator Draw

Semua aplikasi yang diasuh Adobe bisa dikatakan adalah aplikasi dengan performa diatas rata-rata. Sudah menjadi barang pasti jika kita membahas sebuah aplikasi editing atau menggambar, nama Adobe menjadi rujukan paling atas. Ada banyak fitur di Illustrator Draw dan fitur-fitur itu termasuk layers, 5 tip pen dengan kelebihannya masing-masing, dan yang paling mencolok adalah kamu bisa menzoom gambar bahkan sampai x64 jelas ini sangat baik jika kamu suka menggambar secara detailing yang luar biasa. Selain itu, kamu juga mengimport segala pekerjaan kamu dengan aplikasi Adobe di versi PC, sangat menarik bukan?. Bagi kamu yang sekedar hobi menggambar, mungkin versi gratisnya sudah lebih dari cukup. Tetapi jika memang kamu pro kamu bisa mengupgradenya ke versi langganan dan harganya pun cukup mahal jika dibandingkan dengan aplikasi menggambar yang lain. Download Adobe Illustrator Draw.

3. ArtFlow

ArtFlow juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menjadi pilihan. Kelebihan dari aplikasi menggambar Android ArtFlow ini adalah banyaknya fitur dan kedalaman aplikasi yang sangat baik. Apalagi jika kamu doyan menggambar dengan menggunakan kuas, dan kamu bisa memilih satu dari 70 kuas, smudge, dan alat menggambar lainnya untuk membuat sebuah karya seni. Tentu saja ada beberapa layer yang siap menjadi canvas kamu termasuk blending layer. Selain itu kamu juga bisa mengekspor gambar dari JPEG, PNG, hingga PSD jadi kamu bisa mengimportnya ke aplikasi Photoshop. Untuk kamu yang menjadikan gambar menjadi hobi, mungkin versi gratisnya sudah lebih dari cukup dan sangat memuaskan kok, kamu coba sendiri deh. Download Artflow.

4. dotpict

dotpict merupakan salah satu aplikasi menggambar android yang sangat unik. Jika kamu suka dengan teknik menggambar dengan konsep pixel, mungkin aplikasi ini akan sangat cocok dengan kamu. Untuk membuatnya, jelas kamu harus menggunakan teknik zoom in dan mengisi kotak pixel dengan warna yang kamu inginkan, tentu ini membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan warna yang ciamik. Setelah itu, kamu bisa zoom-out untuk melihat hasil karya kamu yang indah. Fitur di dalam aplikasi ini sudah termasuk auto-save, undo, redo, dan kamu bisa mengeksport hasil kerja kamu ke platform lain ketika kamu selesai. Tidak hanya itu, aplikasi ini tidak berat sama sekali, jadi ketika kamu berlama-lama menggunakan aplikasi dotpict ini tidak akan menjadi masalah. dotpict bisa kamu dapatkan secara gratis, dan tidak banyak aplikasi menggambar yang berbasis pixel seperti ini. Download dotpict.

5. Ibis Paint

Ibis Paint lebih berfokus dalam mewarnai sebuah gambar. Jika membicarakan kegiatan mewarnai, jelas akan banyak fitur yang sangat menyenangkan. Di dalam aplikasi ini ada sekitar 140 brushes yang siap untuk kamu pakai, termasuk dip pens, felt tip pens, kuas cat asli, dan alat menggambar menyenangkan lainnya. Semakin lengkap kamu juga bisa merekam kegiatan menggambar kamu, jadi cocok untuk dijadikan tutorial menggambar. Bahkan kamu bisa mewarnai dari jenis gambar tertentu contohnya seperti gambar manga. Aplikasi Ibis Paint ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan jelas ini adalah aplikasi yang sangat aku rekomendasikan ke kamu melihat banyaknya fitur dan kedalaman aplikasi yang diatas rata-rata. Download Ibis Paint.

6. InspirARTion

Bisa dibilang aplikasi menggambar android InspirARTion merupakan aplikasi yang cukup underrated dan tidak sepopuler daftar aplikasi diatas. Tetapi jangan salah, meskipun kurang populer banyak orang menikmati proses menggambar dengan menggunakan aplikasi InspirARTion ini. Aplikasi mempunyai banyak banget fitur, mulai dari implementasi gambar, dan fitur-fitur menggambar lainnya. Selain itu, ada sebuah mode yang unik yaitu symmetry mode, dan kemampuan untuk mengimpor gambar yang telah dibuat. Sayangnya, kedalaman aplikasi InspirARTion ini kurang jika dibandingkan dengan kompetitornya, mungkin hal inilah yang membuat aplikasi kurang populer. Tetapi, karena aplikasi ini adalah open source kamu bisa mendapatkannya secara gratis, sangat cukup untuk kebutuhan hobi atau sekedar mengeluarkan ide yang terlintas di otak kamu. Download InspirARTion.

7. LayerPaint HD

Pada daftar terakhir ada LayerPaint HD yang mana aplikasi ini adalah salah satu aplikasi menggambar yang cukup powerful dan komprehensif yang bisa kamu gunakan. Aplikasi mempunyai banyak fitur, mulai dari support dengan pen pressure, mendukung PSD (Photoshop), layer mode dan masih banyak lagi. Dengan layer mode ini akan memungkinkan kamu untuk menambah berbagai efek ketika kamu menggambar. Mungkin aplikasi ini akan cocok di perangkat tablet, dan kurang cocok digunakan di smartphone karena berbagai kontrol dan opsi dapat menghabiskan sebagian besar ruang yang digunakan pada perangkat yang mempunyai layar kecil. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan harga Rp. 109.000,00, harga yang cukup worth-it mengingat kebanyakan aplikasi menggambar menggunakan metode berlangganan daripada sekali beli seperti ini. Download LayerPaint HD.

Oke, itu tadi beberapa aplikasi menggambar android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.