Untuk versi sekarang, ketika kamu menghapus sebuah foto maka biasanya akan muncul prompt peringatan yang akan otomatis muncul. Hal ini sebenarnya bisa menjadi dua sisi, salah satu sisinya adalah menghindari kita menghapus sebuah foto secara tidak sengaja, sisi yang kedua adalah tidak ada ganggunan ketika kita menghapus sebuah foto. Pada update Android 12 ini nanti, prompt tersebut akan dihilangkan, jadi kamu bisa menghapus photo secara langsung.

Baca Juga:

Penghapusan Prompt di Google Photos

Menurut pembaruan yang dilakukan pada bagian akses pengelolaan media di situs Developer Android, aplikasi yang menargetkan Android 12 API tidak akan perlu lagi menampilkan sebuah prompt atau peringatan penghapusan untuk setiap operasi file. Ini berarti kamu bisa menghapus foto dari Google Photo dan aplikasi lainnya tanpa perlu adanya sebuah prompt di OS Android 12.

Untuk saat ini, hanya aplikasi sistem galeri di perangkat Android yang bisa menghapus file tanpa menampilkan prompt apapun. Artinya, jika kamu menggunakan aplikasi seperti Google Foto yang merupakan aplikasi pihak ketiga, kamu harus memberikan izin kepada aplikasi tersebut untuk dapat memakai fitur penghapusan tanpa prompt ini.

Saat perubahan tersebut diterapkan, aplikasi pihak ketiga seperti Google Photos akan dapat menghapus sebuah foto segera setelah mengetuk opsi hapus. Googla Photos juga tidak lagi memerlukan izin untuk memakai prompt tersebut, karena secara otomatis fitur itu akan aktif di dalam aplikasi.

Untuk memakai fitur ini, kamu harus memastikan aplikasi Google Photos kamu update pada versi terbaru. Tidak hanya itu, kamu operating system kamu juga harus menggunakan Android 12 agar fitur ini berjalan maksimal. Untuk sekarang, baru pengguna Pixel yang bisa mengakses opsi ini, ini dikarenakan Google Photos merupakan aplikasi galeri default bagi smartphone mereka.

Hati-hati dalam Menghapus Foto di Google Photos

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, memang tanpa adanya prompt peringatan ini akan mempermudah kita ketika menghapus sebuah foto di Google Photos. Tetapi, kamu juga harus berhati-hati ketika secara tidak sengaja menghapus foto tersebut, karena ketika sekalinya tidak sengaja terhapus, maka akan cukup sulit untuk dikembalikan. Terlepas dari hal tersebut, ini merupakan suatu update kecil yang mungkin sangat bermanfaat bagi kita dan kita bisa menghemat sedikit waktu ketika menghapus foto tersebut.

Oke itu tadi berita seputar update Google Photos, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.