Jika kamu perhatikan beberapa hari terakhir, YouTube seringkali meminta kamu untuk memverifikasi usia kamu dan jika tidak mematuhi hal tersebut maka akun kamu akan dihapus. Ya, ini adalah kebijakan Google yang menjadi jauh lebih agresif tentang verifikasi umur belakangan ini. Lalu mengapa Google melakukan hal ini?

Baca Juga:

Denda yang Besar Dikenakan YouTube Karena Melanggar Pedoman

Ya, agresifnya Google dalam verifikasi umur ini karena mereka harus membayar sejumlah denda yang nominalnya sangat besar yang harus dibayar karena ditemukan berbagai pelanggaran pedoman keselamatan anak-anak. Inilah yang menjadi alasan mengapat YouTube dan Google merubah kebijakannya tersebut.

Pertama-tama, Google dengan cepat meyakinkan bahwa data apapun yang kamu berikan hanya digunakan untuk tujuan verifikasi usia. Pada halaman bantuan, Google mengatakan bahwa kalau misalnya kamu memverifikasi usia lewat kartu ID, maka segera gambar itu akan dihapus segera setelah pemeriksaan selesai.

Untuk kartu kredit, Google akan membuat semacam otorisasi sejumlah kecil untuk memeriksa apakah data tersebut valid atau tidak, yang jelas ini tidak akan membebankan biaya apapun bagi sang pengguna. Otorisasi yang dilakukan Google ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari ke depan.

Perlu diingat, Google hanya akan meminta kamu untuk mengunggah ID atau kartu kredit kamu di situs pengunggahan khusus setelah kamu masuk ke akun Google milik kamu. Google tidak akan pernah meminta kamu untuk mengirim e-mail atau pesan dengan sangat terperinci, jadi kamu harus hati-hati jika kamu menerima sesuatu untuk melakukan lebih dari sekedar penggunggahan tersebut.

Tidak Mematuhi Aturan ini Akun Terancam Dihapus!

Agresifnya Google Terkait hal ini memang berbanding lurus dengan sanksi yang akan diberlakukan Google untuk sang pemilik akun. Jika misalnya kamu tidak dapat memberikan bukti usia kamu, Google akan menonaktifkan akun kamu dalam waktu 14 hari, kemudian menghapus semua informasi akun setelah 30 hari.

Perlu juga dicatat bahwa kamu tidak harus berusia 18 tahun atau lebih untuk dapat menggunakan akun Google secara sepenuhnya. Anak-anak berusia 13 tahun ke atas juga memenuhi syarat untuk memiliki akun Google secara lengkap, jadi sebuah hal yan cukup jika misalnya kamu membuktikan bahwa kamu setidaknya tidak memalsukan umur.

Selain itu, kamu mungkin tidak akan dapat mengakses beberapa video dan beberapa konten lainnya. Untuk akun anak-anak dibawah 13 tahun juga bisa memiliki sebuah akun Google sendiri, tetapi bedanya akun tersebut akan diawasi secara penuh oleh orang tua ataupun wali mereka.

Oke itu tadi berita seputar media streaming YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.