Sebuah kabar terbaru datang dari Samsung yang kabarnya akan memberikan sebuah kebijakan keamanan bagi smartphone yang berkategori Enterprise Edition, jadi jika perangkat kamu seperti seri Galaxy S21 dan S20, maka kamu akan mendapat pembaruan software dalam kurun 5 tahun!.

Baca Juga:

Strategi Untuk Bersaing Dengan Apple?

Bisa dibilang, ini adalah strategi Samsung untuk mengalahkan rival abadi mereka yaitu Apple, meskipun sayangnya konsumen umum dari Samsung tidak akan menikmati durasi pembaruan yang sama kecuali hal itu akan terjadi.

Berita tentang perubahan kebijakan ini memang telah beredar luas sekarang ini, bahkan seolah-olah berita ini adalah sebuah berita yang baru. Faktanya, Samsung sudah pernah mengatakan perubahan kebijakan ini pada Januari 2021 ini mengacu pada dukungan perangkat Enterprise Edition selama 5 tahun, hingga bulan Maret kemarin dukungan berbentuk tabel ini belum berubah sama sekali.

Meskipun bervariasi dan cenderung fluktuatif di pasaran, Samsung menjanjikan patch keamanan hingga 5 tahun ke depan (melalui bulanan selama empat tahun dan tiga bulan selama setahun) untuk perangkat yang masuk dalam Enterprise Edition, dan perangkat yang masuk dalam kategori Enterprise Edition adalah:

Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Galaxy XCover5, Galaxy S20, Galaxy S20+, Galaxy S20 Ultra, Galaxy Note20, dan Galaxy Note20 Ultra. Selain itu, ada perangkat A32 5G yang dijanjikan akan mendapatkan pembaruan selama 4 tahun per tiga bulan update, dan juga Tab Active 3 yang juga mendapatkan 5 tahun per 3 bulan update.

Memang pembaruan perangkat lunak menjadi topik paling hangat pada akhir-akhir ini, mengingat betapa buruknya dukungan sebagian produsen Android pada perangkat mereka. Sementara Samsung memimpin dukungan pembaruan software paling panjang diantara manufaktur smartphone Android lainnya sebesar 4 tahun.

Sedangkan di Apple, mereka menjanjikan iPhone 6S keatas yang bisa mendapatkan pembaruan iOS 15, jika kita lihat secara statistik umur smartphone yang sudah 6 tahun bahkan masih didukung oleh Apple, ini sangat jauh jika dibandingkan dengan manufaktur Android termasuk Samsung sendiri.

Sebagai sebuah perbandingan, bahkan Google Pixel yang seringkali dikatakan sebagai gatekeeper hanya menjanjikan pembaruan selama 3 tahun saja. Dengan itu kita bisa menganalisa bagaimana buruknya manufaktur lain dalam pembaruan software dan kesannya mereka pun tidak peduli sama sekali tentang hal itu.

Untungnya, kekurangan ini tidak memengaruhi konsumen umum secara langsung, tetapi jelas akan ada efek yang sangat besar jika manufaktur smartphone mengabaikan fakta yang ada di lapangan. Mungkin dengan perhatian Samsung ke dalam pembaruan software ini bisa memancing para manufaktur lain untuk proaktif dalam mengembangkan pembaruan softwarenya.

Oke, itu tadi berita seputar smartphone Samsung, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.