Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika hampir sebagian besar orang memakai sosial media untuk membagikan sebuah gambar dan video, termasuk juga WhatsApp. Sekarang, ada sebuah fitur baru yang hadir di WhatsApp beta terbaru dan memungkinkan aplikasi instant message tersebut mengirim sebuah gambar dan video dengan kualitas terbaik (best quality).

Baca Juga:

Bagikan Gambar dan Video Kamu Dalam Kualitas Terbaik di WhatsApp

https://twitter.com/WABetaInfo/status/1413174131114356736

Perubahan ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo. Pada WhatsApp Android beta terbaru (versi 2.21.14.16) sudah menyertakan sebuah opsi baru yang berfungsi untuk berbagi media dalam kualitas terbaik. Opsi ini akan memungkinkan kamu untuk mengirim gambar, foto, dan video dalam kualitas yang lebih tinggi daripada opsi standar dari WhatsApp.

Dalam WhatsApp Beta tersebut, kamu bisa melihat opsi Photo upload quality di dalam menu Storage and Data. Kamu dapat memilih mengirim gambar dalam kualitas otomatis, kualitas terbaik, dan data saver. Opsi ini juga bisa kamu temukan di menu videos.

Masih belum jelas apakah opsi kualitas terbaik akan membuat gambar sepenuhnya tanpa terkompresi, atau hanya kurang terkompresi melalui metode lossless. Untuk saat ini, WhatsApp menggunakan metode kompresi lossless, yang mengartikan bahwa beberapa kualitas akan hilang dalam kompresi.

Selain itu, kamu juga tidak bisa memperhatikan kesamaan kualitas gambar di Google Photo. Platform penyimpanan Google Photos juga menggunakan istilah Kualitas Terbaik untuk menyimpan gambar dengan kualitas yang lebih tinggi.

Perbedaan Ukuran Gambar Antara WhatsApp Lama dan Baru

Untuk saat ini, kompresi yang dilakukan oleh WhatsApp untuk mengeculkan gambar menjadi sekitar 2 MB. Rata-rata pengambilan gambar asli baik di smartphone bisa sekitar 3 MB. Kedengarannya tidak banyak, dan rata-rata pengguna mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan, apalagi jika terjadi pada sebuah foto smartphone.

Perbedaan nyata ada pada file gambar khusus berkualitas tinggi. RAW adalah format file gambar yang berkualitas tinggi paling terkenal dan populer, akan tetapi pada smartphone iPhone yang terbaru bahkan bisa memotret dalam format ProRAW.

Meskipun sebagian besar pengguna WhatsApp tidak mungkin membagikan file RAW di smartphone mereka, ini dapat menguntungkan fotografer yang menggunakan WhatsApp Web atau Desktop saat mengirim gambar ke klien mereka. Namun, sekali lagi masih belum jelas apakah fitur ini akan hadir di WhatsApp sebelum ada pengumuman resmi dari WhatsApp.

Dari sini kita bisa melihat bahwa WhatsApp memang sedang melakukan pendekatan serius terhadap gambar dan video. Ketika berbagai layanan instant message menawarkan fitur yang sama, WhatsApp telah terlebih dahulu menawarkan fitur tersebut.

Oke, itu tadi berita seputar aplikasi WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.