Pandemi Covid-19 ini memaksa jutaan orang di seluruh dunia untuk bekerja dari rumah selama setahun penuh bahkan lebih. Hal ini menyebabkan lonjakan popularitas layanan panggilan video karena mereka mengandalkan aplikasi tersebut untuk meeting dan berkomunikasi dengan teman, saudara, dan keluarga. Sebelumnya Google menawarkan panggilan unlimited di Meet untuk semua user Gmail secara gratis yang dimulai April 2020, dan sepertinya layanan tersebut akan kembali normal dan Google akan membatasi durasi dari group call untuk pengguna gmail gratisan.

Baca Juga:

Untuk Menikmati Panggilan Unlimited di Meet, Tinggal Upgrade Akun Gmail Kamu

Hingga akhir Juni 2021, para pengguna dapat menyelenggarakan panggilan grup di Google Meet yang dapat berlangsung selama 24 jam penuh (unlimited). Google awalnya menawarkan group call unlimited pada pengguna Gmail gratis hingga 30 September 2020. Kemudian, tawaran itu diperpanjang lagi hingga 31 Maret 2021 dan diperpanjang lagi hingga 30 Juni 2021.

Seperti yang dilansir dari 9to5Google, dengan selesainya penawaran ini, maka pengguna Gmail gratis hanya bisa menggunakan Google Meet berdurasi hingga 60 menit saja. Akan tetapi, panggilan one-on-one masih bisa digunakan secara unlimited bagi pengguna Gmail gratis.

Batasan 60 menit ini hanya untuk panggilan Meet group dengan 3 peserta atau lebih. Di support page dari Google, mereka mencatat bahwa pada menit ke 55 sebuah pemberitahuan akan ditampilkan dan berisikan bahwa panggilan akan berakhir dalam 5 menit. Penyelenggara panggilan dapat meningkatkan akun Google mereka untuk melanjutkan panggilan atau membiarkannya berakhir setelah 5 menit.

Paket Individual Google Workspace Menawarkan Fitur Premium Meet

Jika misalnya kamu ingin meng-hosting group meeting dengan durasi yang lebih lama, Google Meet menyediakan paket berlangganan dengan harga $9,99 USD/bulan (sekitar Rp. 144.705,22). Sebagai bagian dari paket berlangganan, kamu dapat mengakses beberapa fitur seperti breakout rooms, polls, dan membuka beberapa fitur premium seperti noise cancellation untuk meningkatkan kualitas audio.

Hingga Januari 2022, Google akan menawarkan paket Workspace Individual dengan harga $7,99 USD/bulan (sekitar Rp. 115.735,21), setelah lewat bulan Januari maka harga berlangganan akan kembali ke harga $9,99 USD. Kamu juga bisa mencoba 14 hari trial untuk mencoba fitur-fitur baru di Google Meet dan apakah uang yang kamu bayarkan setimpal dengan fitur yang kamu dapatkan.

Meskipun kamu mengupgrade akun Google pribadi kamu ke Workspace Individual, panggilan group pada Google Meet akan dibatasi hingga maksimum 100 peserta. Sementara batasan 60 menit mungkin mengecewakan bagi banyak pengguna, tetapi hal ini lebih baik jika dibandingkan Zoom yang versi gratisnya hanya bisa digunakan 40 menit saja.

Oke itu tadi berita seputar Google Meet, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.