Sangat menarik melihat persaingan pembelian smartphone, setidaknya di paruh pertama tahun ini saja ada beberapa elemen mengejutkan dimana Samsung memimpin daftar smartphone paling laris melewati Xiaomi di pasar global!, berita yang menghebohkan bukan?.

Baca Juga:

Samsung Raja Smartphone di Tahun ini, Tetapi Pertumbuhan Xiaomi yang Paling Pesat

Momen sanksi Amerika terhadap Huawei menjadi sebuah momentum kunci bagi berbagai manufaktur untuk menguasai pasar smartphone sekarang ini. Buktinya Samsung memperoleh peningkatan pangsa pasar sebesar 19 persen, diikuti oleh Xiaomi 17 persen, Apple 14 persen, Oppo 10 persen, dan terakhir Vivo dengan 10 persen.

Akan tetapi angka pertumbuhan pasar yang dicatat Xiaomi jauh lebih besar daripada Samsung. Seperti statistik yang dicatat Canalys, growth atau pertumbuhan Xiaomi tercatat 83 persen, sedangkan Samsung hanya 15 persen saja. Bisa dibilang strategi penjualan smartphone low-budget sangat sukses diterima oleh pasar.

Selain itu, pertumbuhan pasar signifikan yang didapat oleh Xiaomi di benua Amerika Latin dengan 300 persen dan benua Afrika sebesar 150 persen. Untuk daerah Eropa Barat masih berkontribusi dengan pertumbuhan 50 persen, namun Xiaomi sudah mengincar pasar unggulan yang lebih menguntungkan dengan produk-produk seperti Mi 11 Ultra yang mendapatkan banyak ulasan yang positif dari para reviewer.

Akan tetapi meskipun mendapatkan pertumbuhan yang positif bukan berarti Xiaomi tidak mendapatkan masalah untuk berada di posisi ini. Pada tahun 2016 kemarin, Xiaomi mendapatkan “tinjauan komperehensif” pada bisnisnya dan membuat perusahaan sedikit goyah, beruntung mereka bisa bertahan dan mulai berbenah hingga mereka mendapatkan keuntungan besar seperti sekarang, meskipun mereka ditolong oleh faktor eksternal seperti permasalahan Huawei.

Sepertinya Xiaomi masih tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, mereka akan mengucurkan dana sekitar $1,2 miliar USD untuk mendorong dan mengksplorasi peluang baru seperti kendaraan listrik.

Bagaimana dengan Samsung?

Samsung memang menjadi penguasa di tahun ini, mereka benar-benar total untuk merebut pasar dan memanfaatkan momen dari permasalahan Huawei. Bisa kita lihat bagaimana dalam beberapa bulan terakhir mereka mengeluarkan smartphone Galaxy berbagai series untuk membombardir pasar, dan hebatnya hampir semua barangnya diterima oleh pasar. Inilah yang menjadikan mereka penguasa pangsa smartphone setidaknya hingga paruh pertama tahun ini.

Oke, tadi berita seputar perkembangan pasar smartphone di dunia, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bise berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.