Seperti yang kamu tahu, menu explore atau jelajah di Instagram dipenuhi dengan semua jenis konten, beberapa diantaranya mungkin membuat kamu tidak nyaman untuk dilihat. Untuk membantu memperbaik hal itu, Instagram telah memperkenalkan fitur Sensitive Content Control yang berfungsi untuk membantu kamu menyaring beberapa jenis konten tertentu.

Baca Juga:

Instagram Memberikan Lebih Banyak Kontrol Ke Pengguna Terkait Fitur Filter ini

Seperti yang dilansir dari about fb Instagram mengumumkan bahwa mereka meluncurkan opsi yang disebut Sensitive Content Control. Instagram menjelaskan bahwa konten sensitif sebenarnya tidak benar-benar melanggar aturan platform, akan tetapi berpotensi mengganggu beberapa orang seperti misalnya postingan yang mungkin menjurus ke seksual ataupun kekerasan

Sebenarnya Instagram telah membuat pencegahan untuk para penggunanya untuk menghindari melihat konten sensitif dari pengguna yang tidak kamu ikuti di tab explore, akan tetapi fitur Sensitive Content Control ini akan bekerja lebih mendalam daripada tindakan pencegahan milik Instagram.

Sekarang kamu dapat menentukan seberapa banyak konten sensitif yang ingin kamu lihat di page explore, kamu bisa secara bebas melakukan hal ini mulai dari tidak melakukan penyesuaian sama sekali atau bahkan menghilangkan secara total konten tersebut dari page explore kamu.

Perlu juga dicatat, bahwa konten sensitif ini tidak mencakup ujaran kebencian, penindasan, atau postingan yang menimbulkan ancaman langsung kepada pengguna. Instagra sendiri memiliki aturan ketat tentang jenis postingan ini dan tidak mengizinkannya ada di dalam platform sosial media miliknya. Di sisi lain orang mungkin bereaksi secara berbeda terhadap konten sensitif, itulah sebabnya Instagram telah meluncurkan fitur ini karena menawarkan lebih banyak kontrol kepada para pengguna.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Fitur ini?

Untuk mengakses fitur ini, kamu tinggal membuka aplikasi Instagram kamu, dan ketika settings di bagian pojok kanan atas layar kamu. Dari sini, tap Account lalu pilih Sensitive Content Control. Setelah itu kamu akan mendapatkan 3 opsi yaitu Allow, Limit (default), dan Limit Even more.

Ketika kamu memilih Allow, maka semua konten sensitif bisa masuk halaman explore kamu, dan patut dicatat hanya user yang berumur 18 tahun atau diatasnya yang bisa menyalakan fitur ini. Sedangkan Limit (default) merupakan opsi yang default yang diberikan oleh Instagram yang mana akan ada batasan sensitif konten yang masuk halaman explore kamu. Terakhir, kamu bisa memilih Limit Even More yang memungkinkan kamu meminimalisir masuknya konten sensitif tersebut.

Ubah Halaman Eksplore Sesuai yang Kamu Inginkan

Instagram secara otomatis mempersonalisasi halaman Explore kamu agar sesuai dengan selera atau minat kamu. Selain itu, Instagram juga menebak jenis postingan yang kamu sukai berdasarkan aktivitas yang kamu lakukan di Instagram, lalu menggunakan informasi tersebut dan mengumpulkan postingan serupa untuk feed explore kamu.

Satu-satunya cara untuk menyesuaikan apa yang muncul di feed explore kamu adalah dengan mengubah kebiasaan Instagram kamu. Memang hal ini tidak sepenuhnya mudah, tetapi jika memang kamu terjebak dengan konten sensitif yang tidak ingin kamu lihat, setidaknya fitur Sensitive Content Control ini dapat membantu kamu menyingkirkan beberapa postingan yang tidak ingin kamu lihat.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Instagram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.