YouTube kembali membuat sebuah eksperimen untuk membantu para kreator agar bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak lagi. Sekarang, para pemirsa di YouTube dapat mengirimkan sebuah “ucapan terima kasih” kepada YouTubers favorit mereka dengan memberikan sebuah super thanks untuk menunjukkan penghargaan kamu kepada mereka.

Baca Juga:

Apa sih YouTube Super Thanks itu?

YouTube mengumumkan sebuah fitur baru di blog resminya. Fitur tersebut dinamakan super thanks dan fitur ini dibuat untuk menjadi alternatif baru bagi para konten kreator untuk mendapatkan monetisasi.

Sebelumnya, jika seseorang ingin mendapatkan donasi dari para penggemar, mereka dapat memperolehnya dengan 3 cara. Yang pertama kamu mendorong para pemirsa untuk “gabung” dengan channel YouTube kamu, dari sini para pemirsa yang menjadi anggota “gabung” tersebut akan mendapatkan layanan eksklusif yang tidak didapatkan oleh para pemirsa gratisan.

Lalu ada fitur super chat dan super stickers, dimana super chats memungkinkan pemirsa untuk mengirimkasn sebuah pesan di live stream dengan tambahan warna spesial dan komentar mereka otomatis di-pin pada bagian atas chatroom (agar tidak ketindihan komentar). Setiap braket pembayaran memiliki keunikan warnanya masing-masing, dan jika pemirsa tersebut semakin banyak membayar, maka semakin lama juga pesan tersebut menempel di chatroom tersebut.

Sedangkan fitur super sticker bekerja mirip dengan super chat, dan cara kerjanya pun sangat mirip akan tetapi disini kamu akan mendapatkan sebuah emoticon khas atau animasi emoticon yang cocok untuk mewakili perasaan kamu. Semua ini merupakan cara-cara spesial bagi konten kreator untuk mendapatkan lebih banyak monetisasi di YouTube, terlebih lagi jika konten mereka sedang bermasalah dengan ad-sense misalnya.

Nah, fitur super thanks ini akan bekerja mirip dengan fitur super chat, tetapi jika super chat lebih diperuntukkan untuk live stream, sedangkan super thanks ini untuk sebuah unggahan video. Jika misalnya sang konten kreator memposting sebuah video, maka kamu bisa memilih salah satu dari 4 opsi pembayaran, mulai dari harga $2 USD (sekitar Rp. 29.081,60) hingga $50 USD (sekitar Rp. 727.040,07).

Ketika kamu selesai mengirimkan sebuah “thanks”, maka kamu akan mendapatkan animasi spesial untuk donasi kamu. Kamu juga akan dapat memposting pesan yang bertuliskan “thanks” ke dalam komentar, dan komentar tersebut akan diwarnai sesuai dengan jumlah yang kamu donasikan. Selain itu, kreator dapat membalas komentar kamu.

Fitur Super Thanks ini masih dalam tahap beta, dan tersedia hanya untuk sebagian kecil kreator saja, jadi mungkin kita masih akan menunggu agak lama untuk keluarnya fitur ini.

Fitur Super Thanks, Jagoan Baru dari YouTube

Seperti yang dijelaskan diawal, YouTube ingin membantu para konten kreator untuk menghasilkan lebih banyak monetisasi di platformnya. Akan tetapi, hingga sekarang ini hanya para live streamer yang benar-benar diuntungkan dari opsi monetisasi yang ada sekarang ini. Sedangkan masih belum ada tambahan monetisasi bagi para penggunggah video kecuali fitur “gabung” tersebut.

Dengan adanya fitur super thanks ini, mungkin para konten kreator yang lebih suka menggunggah video bakalan dapat sebuah alternatif baru dalam mendapatkan uang. Terlebih lagi dengan adanya iklan pastinya ini akan sangat membantu orang dalam mencari yang dengan membuat sebuah konten.

Oke itu tadi berita seputar media streaming YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.