Dengan menggilanya perkembangan sosial media kali ini, sudah bukan rahasia lagi pergerakan sosial media bukan hanya untuk ajang berkumpul saja, tetapi juga bisa menjadi media penghasil uang. Tidak main-main, sudah banyak konten kreator yang mengeruk keuntungan dari bisnis sosial media. Kali ini aku akan memberikan beberapa daftar sosial media yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang.

Baca Juga:

1. Snapchat

Snapchat dikabarkan mengguyur dana $ 1 juta USD perharinya bagi para konten kreator yang membuat konten di dalam Snapchat. Para konten kreator Snapchat bisa memasukkan konten mereka ke dalam Spotlight (short-form video platform versi mereka) dan membagikan konten tersebut ke seluruh dunia. Nantinya konten akan dimoderasi terlebih dahulu apakah memenuhi persyaratan Snapchat. Jika memang konten tersebut memenuhi persyaratan maka pengguna lain dapat menemukan konten kamu di story dan hasil pencarian. Jika konten tersebut viral dan memenuhi syarat untuk menerima Spotlight Payout, maka kamu akan langsung menerima hasil dari konten yang telah kamu buat. Tentu semakin kreatif konten yang kamu buat, maka jelas ketertarikan orang akan semakin besar dan kerja keras kamu dalam membuat konten akan terbayarkan dengan bayaran yang cukup besar juga. Download Snapchat.

2. TikTok

TikTok memang sangat viral belakangan ini, dan sepertinya “hype train” yang dialami TikTok ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda melambat. Jadi, di dalam TikTok ini, kamu tinggal membuat sebuah konten entah apapun konten tersebut dan jika dilihat banyak orang, maka kamu akan mendapatkan bayaran dari TikTok. Jelas, ada requirements yang harus dicapai untuk bisa mendapatkan monetisasi. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah akun tersebut harus memiliki 10.000 follower authentic, dan harus mempunyai 100.000 view dalam 30 hari terakhir. Jika misalnya akun kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu bisa mengakses sebuah menu rahasia yaitu Creator Tools, yang berisikan angka-angka bayaran kamu termasuk views dan engagement. Download TikTok.

3. YouTube

Sudah bukan rahasia umum jika YouTube merupakan sebuah pilihan utama bagi para kreator untuk memperkenalkan karya mereka. Baru-baru ini YouTube mengguyur dana $ 100 juta dalam waktu dua tahun bagi para kreator yang terjun dan mengisi konten di dalam YouTube Shorts. YouTube akan menjangkau pembuat konten yang menghasilkan penayangan dan engagement terbanyak di setiap bulannya, tentu para konten kreator tersebut akan mendapatkan reward atas viralnya konten mereka. Hampir mirip dengan YouTube reguler, persyaratan untuk monetisasi adalah sang kreator mempunyai 1.000 subscriber dan mempunyai 4.000 jam waktu penyangan dalam 12 bulan terakhir. Download YouTube.

4. Instagram

Instagram mempunyai cara berbeda untuk mendapatkan uang atau monetisasi. Kamu bisa mendapatkan uang ketika kamu sedang live instagram, di live Instagram kamu dapat menjajakan seperti badges misalnya dan ketika ada user yang mendapatkan badges tersebut maka secara otomatis user tersebut mempunyai badges yang mencolok dibandingkan penonton yang lain. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan yang user tersebut dapatkan, termasuk penempatan pada daftar lencana kreator yang dilengkapi dengan fitur khusus yang berbentuk hati. Download Instagram.

5. Twitter

Baru-baru ini Twitter semakin giat dan agresif untuk mengembangkan monetisasi di dalam platformnya. Mereka telah mengeluarkan layanan Tip Jar atau “saweran” yang kemungkinan akan hadir beberapa waktu kedepan. Fitur ini memang akan dikhusukan untuk para beberapa kreator khusus mulai dari kreator biasa, jurnalis, pakar, dan juga organisasi nonprofit. Untuk sekarang, fitur Tip Jar ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja, dan sangat besar kemungkinan ke depannya akan mendukung bahasa-bahasa lainnya. Masih banyak fitur monetisasi yang akan di tawarkan oleh Twitter, dan untuk sekarang sepertinya masih Tip Jar saja. Download Twitter.

6. Spotify Greenroom

Spotify Greenroom bisa dibilang masih pendatang baru dalam urusan per-sosial media-an. Pada Spotify Greenroom ini, kamu bisa melakukan membahas berbagai hal dengan konsep audio only mulai dari musik, olahraga, hingga kultur. Kamu juga bisa mencari sebuah grup dengan topik yang kamu suka, selain itu kamu akan mendapatkan sebuah notifikasi jika ada room yang relevan dengan apa yang kamu suka. Pada aplikasi ini, kamu bisa mengikuti sebuah percakapan yang dilakukan oleh Artis, Atlet, dan Influencers. Selain itu, kamu juga bisa membuat private rooms sendiri yang berisikan keluarga atau bahkan teman-teman kamu. Para kreator yang mengadakan live audio, bisa kok memasukkan akun kamu agar bisa di monetisasi, tentu dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Download Spotify Greenroom.

7. Clubhouse

Terakhir ada sosial media yang paling “hype” musim ini adalah Clubhouse. Clubhouse membayar para usernya di dalam program Creatoru First Accelerator program. Pembayaram dapat dikirim ke semua kreator, dan Clubhouse akan membayar penuh tanpa sekalipun pemotongan. Dalam waktu dekat, Clubhouse berencana untuk meluncurkan lebih banyak opsi monetisasi di masa mendatang. Hal ini sebgai bentuk penghargaan terhadap para konten kreator atas upaya dan ide kreatif terhadap konten yang telah dibuat. Sepertinya dalam beberapa tahun ke depan Clubhouse menjadi sebuah tantangan terbesar bagi sosial media besar seperti Instagram, Facebook, dan juga Twitter. Download Clubhouse.

Oke itu tadi beberapa aplikasi sosial media yang membayar para konten kreator nya untuk saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada masukan tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.