Beberapa update dan rilis dari Firefox di Android akhir-akhir ini tidak terlalu menarik, tetapi hal yang berbeda terjadi pada versi 93 dimana Mozilla menyematkan fitur pengelola Password Mangaer yang baru. Pada rilis baru ini, Firefox dapat berfungsi sebagai layanan pengisian otomatis password kamu di Android seperti aplikasi Lockwise yang juga dikembangkan oleh Mozilla.

Baca Juga:

Cara Mengaktifkan Fitur Password Manager yang Baru ini

Untuk mengaktifkan fitur system-wide autofill option ini, kamu bisa ke bagian Firefox settings dan masuk di seksi Login and password. Dari sana, kamu akan menemukan opsi baru yang dinamakan Autofill in other apps. Lalu kamu akan masuk ke dalam Android system settings dimana kamu perlu untuk mengonfirmasi sebuah permissions untuk mengisi password dengan Firefox. Ketika hal itu sudah terselesaikan, maka Firefox akan menawarkan autofill password dan username untuk kamu.

Meskipun baru, implementasi autofill tidak berfungsi dengan interface berbasis keyboard untuk Android 11. Sebagai gantinya, ada dropdown yang familiar dibawah password atau email entry field yang pertama kali meminta kamu untuk membuka kunci Firefox dengan biometrik, kemudian memberi kamu sebuah interface pencarian dasar yang memungkinkan kamu untuk memilih layanan apa yang ingin kamu masuki.

Bisa dikatakan, Firefox tidak secara otomatis mengenali mana yang benar, dan kamu harus memilih terlebih dahulu mana username dan password yang cocok di tiap platform. Memang, jika dibandingkan dengan Firefox Lockwise, kemampuan password manager dari Firefox terbilang agak kurang, tetapi cara kerjanya pun masih sangat mirip, dan tentunya fitur ini masih dalam tahap ujicoba sangat besar kemungkinan gap kurang tersebut akan semakin lama tereduksi.

Selain fitur tersebut, masih belum terlihat fitur baru yang menarik untuk dibahas, tetapi Mozilla mungkin telah mengubah hal-hal tambahan yang belum diperkenalkan, yang biasanya mereka laporkan setelah rilis stabil diluncurkan secara penuh. Rencananya update Firefox 93 ini akan mulai hadir di tanggal 5 Oktober mendatang di Play Store, jadi kamu bisa mencoba fitur baru ini pada tanggal tersebut.

Oke, itu tadi berita seputar update Firefox 93, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.