WhatsApp mungkin lebih populer dari Telegram, akan tetapi jika dirunut dari fitur yang ditawarkan, jelas WhatsApp kalah jauh dibandingkan Telegram. Secara perlahan tapi pasti, WhatsApp telah menambahkan fitur baru ke dalam platform, dengan chat terenkripsi, dukungan multi-device, transkripsi pesan suara, dan masih banyak lagi, membuat WhatsApp mulai mengejar pesaingnya itu. Lalu terbaru ini mereka membuat fitur baru lagi dimana fitur ini mempunyai kemampuan untuk mengontrol ukuran backup chat.

Baca Juga:

Update Baru WhatsApp

Ukuran cadangan chat penuh untuk pengguna WhatsApp yang berat bisa dengan mudah mencapai ukuran Gigabyte. Cara paling jelas untuk mengurangi ini adalah tidak membackup file media dengan riwayat obrolan, yang mungkin akan mendapatkan penolakan dari para pengguna WhatsApp.

Pada opsi baru yang hadir di WhatsApp yaitu “Manage backup size” akan memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengontrol secara terperinci terkait dengan backup chat WhatsApp mereka dan memungkinkan mereka untuk mengarsipkan hanya jenis file penting seperti foto, dokumen, vide, dan audio. WhatsApp juga akan memberikan perkiraan waktu secara real-time dari ukuran basis data chat kamu berdasarkan backup selection.

Mungkin ada alasan khusus mengapa WhatsApp mulai mengerjakan fitur ini. Memang backup WhatsApp ke Google Drive saat ini tidak mengurangi kuota penyimpanan akun kamu. Namun, menurut spekulasi dari WABetaInfo bahwa kebijakan ini akan berubah di masa depan, buktinya Google menawarkan paket terbatas dengan ruang kosong hingga 2 GB per pengguna untuk backup chat WhatsApp. Ini berarti bahwa backup yang lebih besar dapat mengurangi kuota storage akun Google kamu.

Memang Google menjadi sedikit pelit untuk menawarkan penyimpanan gratis baru-baru ini. Masing terbayang bagaimana mereka memberlakukan kebijakan yang sama pada Google Photos meskipun mendapatkan popularitas tinggi dan kegunaannya yang sangat baik. Terlebih lagi, pengguna WhatsApp tercatat lebih dari 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, jadi tidak mengherankan jika Google juga akan melakukan hal serupa untuk backup chat WhatsApp.

Oke, itu tadi berita seputar update multi-device pada WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.