Salah satu fitur paling praktis dari perangkat Android manapun adalah kemampuan untuk merekam suara. Ada banyak alasan mengapa hal itu bisa dilakukan, salah satunya para musisi mungkin ingin merekam ide baru, jurnalis perlu merekam wawancara, dan beberapa orang mengaturnya rekaman suara untuk mendengarkan apakah mereka berbicara ketika tidur. Kali ini, aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi sound recording terbaik di Android untuk saat ini, langsung saja ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. ASR Voice Recorder

ASR Voice Recorder merupakan salah satu aplikasi voice recorder paling kompeten dan solid. ASR Voice Recorder ini mampu merekam dengan berbagai format termasuk yang populer seperti MP3, FLAC, WAV, OGG, dan M4U. Ada juga integrasi cloud untuk mengunggah dengan mudah ke Dropbox, Google Drive, dan lainnya. Kamu akan mendapatkan fitur tambahan yang lebih kecil seperti kontrol kecepatan pemutaran, kemampuan untuk secara otomatis melewati bagian diam pada rekaman, gain switch, dan dukungan untuk perangkat bluetooth. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis loh, mending kamu coba deh sekarang. Download ASR Voice Recorder.

2. Dolby On

Selanjutnya adalah Dolby On dimana Dolby On ini adalah aplikasi voice recorder terbaru di list ini. Kamu bisa merekam suara dengan menggunakan microphone lalu kamu bisa mengeditnya langsung dari aplikasi tersebut. Dolby On sangat berbeda dengan kebanyakan aplikasi audio recorder kebanyakan karena memiliki pengalaman pasca-proses yang sangat baik. Aplikasi ini memiliki berbagai efek audio yang berfungsi untuk membersihkan noise dan juga EQ yang powerful. Hal ini benar-benar sangat bermanfaat loh, karena rekaman suara tersebut akan menjadi lebih jernih sebelum masuk dalam proses editing sound lebih jauh. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis loh. Download Dolby On.

3. Easy Voice Recorder

Seperti namanya Easy Voice Recorder, aplikasi ini sangat user friendly. Easy Voice Recorder ini menyediakan metode yang mudah untuk merekam sesuatu dengan smartphone kamu. Kamu tinggal membuka aplikasi, tekan tombol mikrofon, rekam, bagikan sesua kebutuhan, lalu tutup aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengubah jenis file yang kamu butuhkan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga support dengan widget. Untuk versi pro-nya, mencakup dukungan untuk perekaman stereo, dukungan mikrofon bluetooth, dan masih banyak lagi. Oh iya, versi pro-nya juga akan mengapus iklan dari versi gratis. Download Easy Voice Recorder.

4. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Hi-Q MP3 Voice Recorder adalah salah satu aplikasi voice recorder terbaik yang ada di Android saat ini. Aplikasi ini mampu merekam MP3, hal ini akan membuat file suara kompatibel dengan hampir semua hal. Bersamaan dengan itu, kamu dapat mengunggahnya secara otomatis ke Dropbox setelah proses perekaman selesai. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan dukungan widget, kemampuan untuk memilih mikrofon mana pada perangkat kamu yang ingin kamu gunakan (jika lebih dari satu), dukungan untuk transfer Wi-Fi, gain control, dan masih banyak lagi. Download Hi-Q MP3 Voice Recorder.

5. LectureNotes

Lecture Notes merupakan aplikasi note taking yang dipadukan dengan fitur sound recording yang sangat populer belakangan ini. Bisa dikatakan, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para mahasiswa dan para pelajar. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat catatan, menggambar sesuatu dari tangan kamu, hingga fitur perekaman. Nah, fitur menggambar ini mungkin sangat berguna ketika kita belajar matematika, dimana kita bisa menggunakan fitur ini sebagaimana kertas buram yang sering kita lihat ketika ujian matematika berlangsung. Selain itu, aplikasi ini support dengan aplikasi note taking lain seperti OneNote, dan Evernote, bagaimana lengkap bukan?. Tidak hanya itu, jika kamu malas mencatat, kamu bisa merekam apa yang dosen dan guru katakan lalu bisa memainkannya ketika kamu belajar. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis kok, dan kalau misalnya kamu ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih powerful kamu bisa mengupgradenya ke versi premium. Download LectureNotes.

6. Neutron Audio Recorder

Neutron Audio Recorder ini dikembangkan oleh Neutron Music Player yang notabene adalah salah satu music player terbaik. Dengan alasan itu juga, fitur perekaman di aplikasi Neutron Audio Recorder ini diatas rata-rata. Ini juga mencakup hal-hal biasa seperti perekaman dan pemutaran bersama dengan opsi lainnya. Ada banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi sehargat Rp 119.000,00 ini mulai dari peningkatan perekaman, koreksi penguatan otomatis, equalizer 60-band, dan filter DSP. Hasilnya adalah beberapa audio yang ditangkap oleh mikrofon menjadi lebih bersih. Bahkan aplikasi ini mendukung Android Auto loh. Memang aplikasi ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tetapi melihat banyaknya fitur di dalam aplikasi ini, tentunya itu adalah harga yang pantas untuk kamu tebus untuk aplikasi Neutron Audio Recorder ini. Download Neutron Audio Recorder.

7. Otter Voice Notes

Otter Voice Notes sebenarnya adalah layanan transkripsi dan pengatur voice note. Kamu bisa mendengarkan dan mengatur berbagai jenis catatan, mentranskripsikan sebuah pesan suara, dan lain sebagainya. Spesialisasi aplikasi ini bukanlah untuk merekam sebuah panggilan, tapi ada satu fitur yang mungkin sangat berguna ketika berbicara tentang transkripsi suara. Kamu bisa merekam suara panggilan dengan aplikasi lain seperti diatas, dan transkripsikan panggilan telepon tersebut dengan menggunakan aplikasi Otter Voice Notes ini. Untuk versi gratisnya kamu akan mendapatkan 600 menit layanan transkripsi, jika lebih dari jumlah itu maka kamu harus mengupgradenya ke versi berbayar. Untuk versi berbayarnya pun cukup murah sekitar Rp. 72.000,00, sungguh perpaduan yang sangat bagus antara rekaman panggilan dan juga sebuah transkripsi teks yang membuat percakapan semakin clear. Download Otter Voice Notes.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi sound recording terbaik di Android saat ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.