Perilisan smartphone Google Pixel 6 kemarin memang mendapat eksposure besar-besaran. Bahkan banyak berita dari Google pun tertutupi karena eksposure besar yang didapatkan oleh perilisan Google Pixel 6. Salah satu berita yang tertutupi adalah fitur baru yang hadir di Chrome 95 yang dirilis pada tanggal yang sama dengan acara Pixel Fall Launch kemarin. Mungkin ini juga efek dari pemajuan siklus yang dilakukan Google dari biasanya, jika dulu Google memberlakukan jadwal 6 minggu menjadi 4 minggu. Lalu fitur apakah yang ditawarkan di Chrome 95 ini?.

Baca Juga:

Material You Untuk Semua Orang di Android 12

Google pertama kali memperkenalkan perombakan Material You pada Chrome di sekitar bulan Agustus, tetapi kamu harus mengaktifkan beberapa flag untuk memulai desain itu. Sepertinya itu berubah di Chrome 95 pada Android 12, user interface Material You diaktifkan secara default.

Memang masih ada kemungkinan jika ini perubahan dari sisi server, tetapi banyak pihak memprediksi bahwa ini adalah perubahan secara default, karena rasanya menjadi agak ribet dan tidak efektif ketika ada seorang pengguna harus membuka flag terlebih dahulu untuk melihat desain Material You di Chrome.

Secure Payment Confirmation

Selanjutnya ada fitur Secure Payment Confirmation, hal ini dikarenakan Google ingin meningkatkan autentikasi pembayaran di seluruh web agar lebih aman dan efisien. Itulah sebabnya Google telah menambahkan ekstentsi pembayaran baru ke WebAuthn yang dapat digunakan oleh pihak bank untuk mengautentikasi setiap permintaan yang dibuat saat checkout di toko online.

Google mengatakan alasan dibalik pembuatan fitur ini adalah untuk menciptakan pengalaman otentikasi yang konsisten karena “otentikasi yang kuat dengan bank pengguna menjadi syarat utama untuk pembayaran online di banyak wilayah termasuk Uni Eropa”. Mungkin akan memakan waktu yang lama untuk fitur ini diberlakukan secara global, tetapi setidaknya ini bisa menjadi titik fondasi untuk kedepannya.

Eyedropper tool support

Perubahan selanjutnya adalah Eyedropper tool support. Tool ini sebenarnya berfungsi sebagai pipet yang disediakan browser untuk membangun kustomisasi warna. Tool ini sebenarnya seringkali ditemukan di aplikasi edit gambar, contohnya seperti Adobe Photoshop yang fungsinya mengambil sampel warna yang kamu lihat dilayar. Jadi bisa dibilang aplikasi Chrome ini akan mempunyai alat pengambil sampel di dalam aplikasi itu sendiri dan gak perlu masuk ke aplikasi pihat ketiga.

Web apps as URL handlers

Perubahan keempat adalah Web apps as URL handlers. Dengan fitur akan memungkinkan web apps sebagai handlers URL menggunakan metode yang disediakan oleh browser. Sebelumnya, cara telah dicoba seperti ketika pembuatan kode menggunakan metode pemasangan WebAPK di Android dan diintegrasikan langsung dengan Google di Chrome. Hal ini akan membuat aplikasi web akan terasa seperti aslinya. Google pertama kali menguji fitur ini di Chrome 93, sementara Microsoft lebih cepat dalam impelementasi ke Edge beberapa waktu lalu.

Save tab groups

Perubahan kelima yaitu Save tab Groups Chrome 95 untuk desktop menambahkan opsi untuk menyimpan grup tab yaitu setelah kamu mengaktifkan perintah di chrome://flags/#tab-groups-save. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan grup tab untuk digunakan nanti. Sebelumnya, kamu harus kembali ke histori dan merekonstruksi grup tab lama jika kamu menutup aplikasi.

Fitur-Fitur Lain yang Diperkenalkan

Scrolling screenshots: sebenarnya fitur yang telah lama ada di Chrome 94 lalu kembali dimunculkan di Chrome 95. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu tinggal memasukkan kode: flags/#scroll-capture flag di smartphone yang menjalankan Android 12, kamu dapat menggunakan fitur Scrolling screenshot yang baru di Google.

Perubahan pada akses file untuk situs web: Google ingin mengurangi jumlah titik masuk ke sistem file untuk aplikasi web, dengan tujuan mengganti File System Access API dengan Storage Foundation API. Fitur ini bisa dibilang menjadi langkah pertama untuk perubahan tersebut.

Penghapusan kode FTP: Google Chrome telah menghapus dukungan FTP di Chrome 88, dan pada Chrome 95 ini mereka membuang sisa kode yang tersisa dari browser.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Google Chrome dan Google Chrome 95, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.