Townscaper merupakan game indie bergenre sandbox dengan konsep city-building yang sebelumnya cukup populer di PC dan konsol, dan pada minggu ini, game ini akan hadir di platform Android. Developer menggambarkannya sebagai proyek eksperimental karena mereka baru pertama kali terjun ke platform game mobile. Sekarang aku akan sedikit membahas game baru Sandbox ini ya.

Baca Juga:

Game yang Unik dan Sayang Untuk Dilewatkan

Bisa dibilang ini game Townscaper ini bukanlah game traditional, cuma tidak ada goal yang harus dicapai ketika kamu memainkan game ini. Meskipun begitu, ini merupakan salah satu game sandbox yang sayang untuk kamu lewatkan, karena secara overall ini game yang menyenangkan untuk dimainkan. Kamu dapat membangun kota-kota bergaya Mediterania yang indah hanya dengan tap layar smartphone kamu.

Selain itu, game ini juga ramah bagi anak-anak karena gameplay maupun storyline nya mudah dan tidak terlalu dalam, singkatnya game ini bisa dimainkan oleh siapapun, hal inilah yang menjadi daya tarik dari game Townscaper. Selain itu, game ini juga sangat cocok untuk kamu mainkan ketika kamu berpergian ataupun sekedar mengisi waktu luang.

Rasanya sangat jarang ditemui game sandbox dengan permainan yang se-kasual ini. Namun tidak dapat disangkal bahwa game Townscaper ini membuat aku sendiri sedikit ketagihan ketika mulai untuk memainkannya. Kamu akan memulai dengan lautan yang kosong, dengan beberapa pilihan warna di layar. Cukup pilih warna, dan mulai mengetuk untuk membangun, akan ada berbagai platform dan bangunan yang muncul di tempat yang telah kamu ketuk, hal memungkinkan kamu untuk mendesain kota dengan cara apapun yang kamu suka.

Meskipun ini terdengan sederhana, tetap hasilnya tidak sesederhana itu. Kota-kota yang nantinya telah terbentuk akan memiliki city scape yang sangat indah untuk dilihat, dan karena ini adalah game sandbox kamu tidak perlu khawatir akan batasan, karena kamu bisa mengembangkan permainan tanpa ada batas sama sekali.

Setelah masuk ke pengaturan game, kamu akan menemukan optional grid system yang berfungsi untuk memandu agar proses desain menjadi lebih baik. Dengan ditambah lighting system yang luar biasa yang memungkinkan kamu menyesuaikan posisi matahari (di dalam game).

Dengan cara ini juga, kamu bisa mendapatkan beberapa screenshot game yang luar biasa dari kreasi desain kota yang telah kamu atur. Saat kamu sedang membuat kota dan terjadi kesalahan misalnya, kamu bisa membatalkan tindakan yang telah kamu ambil (baca: undo), atau bahkan kamu bisa kembali ke desain kosong dan mulai kembali dari 0.

Kamu bisa memainkan game ini baik dalam mode landscape dan portrait, dan game ini bisa dimainkan baik di smartphone maupun di perangkat tablet. Support terhadap controller eksternal juga telah disediakan pada game ini apabila kamu membutuhkan presisi dalam pembuatan desain kota tersebut.

Untuk performa sendiri, game ini jarang banget mengalami framerate drop. Bisa dibilang, meskipun kamu membangun kota secara gigantic game ini masih bisa stabil dan solid, ketika kamu menambahkan bangunan baru pun nilai frameratenya hanya turun sedikit saja dan tidak akan panning kamera.

Sejujurnya, meskipun ini game baru tetapi apa yang ditawarkan game ini diatas rata-rata dan bisa bersaing dengan game sandbox terbaik di Android saat ini. Game Townscaper ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah yakni sekitar Rp. 73.000,00 saja. Ini adalah harga yang murah dibandingkan dengan versi PC atau bahkan versi konsolnya. Salah satu game rekomendasi yang harus kamu mainkan saat ini loh, dijamin ketagihan deh.

Oke, itu tadi review singkat tentang game Townscaper, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Download Townscaper

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.