Google telah menambahkan banyak fitur ke Android selama beberapa tahun terakhir, tetapi kebanyakan fitur tersebut sudah ada di berbagai OEM. Salah satu fitur tersebut adalah aplikasi kloning, yang memungkinkan kamu untuk menginstall duplikasi aplikasi yang bisa kamu jalankan secara berdampingan, dan kemungkinan besar fitur ini akan datang dalam pembaruan Android 12 di masa mendatang.

Baca Juga:

Kloning Aplikasi Sudah Hadir di Android 12 Cuma Belum Bisa Dipakai

Sebuah temuan menarik ditemukan oleh tech enthusiast Mishaal Rahman, dimana ada sebuah dokumen definisi kompabilitas Android 12 yang menyebutkan profil baru yang disebut dengan “clone”, yang mana ini seharusnya membuat salinan aplikasi yang diinginkan, dan memungkinkan kamu menjalakannya berdampingan dan masuk dengan akun yang berbeda.

Secara teknis, kamu sudah bisa melakukan hal ini dengan menyiapkan work profile, tetapi itu bukan jenis proses yang ingin dilalui oleh kebanyakan pengguna. Sebelum kamu mencari tahu, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Meskipun fitur ini ada di AOSP, akan tetapi fitur ini masih tidak berfungsi di Android 12. Tidak ada menu ataupun alur kerja untuk mengatur semua ini.

Selain itu, ini juga sangat bermasalah jika misalnya kamu berhasil mengaktifkan fitur tersebut, fitur ini akan mempunyai banyak bug dan hasilnya akan fitur ini akan memilih secara acak aplikasi mana yang akan dikloning. Bisa dibilang, fitur ini masih belum siap pakai untuk versi Android 12 sekarang, cuma di masa depan kemungkinan besar akan ada pengembangan ke fitur kloning tersebut.

Menjalankan beberapa versi aplikasi sekaligus sebenarnya sangat berguna bagi banyak pengguna, ini memungkinkan kamu untuk menggunakan dua akun sosial media, atau aplikasi chat sekaligus. Memang banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan kloning aplikasi, tetapi jelas ini membutuhkan lebih banyak space daripada built-in di dalam Android 12. Semoga saja, kita bisa melihatnya pada update Android 12 di akhir tahun ini.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Android 12 dan material you, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.