Sejak Google pertama kali mendemonstrasikan fitur smart object removal di I/O pada tahun 2017, fitur ini sudah mendapatkan banyak pujian. Meskipun fitur ini mengalami kemunduran dalam beberapa waktu terakhir, sekitar 4 tahun kemudian akhirnya fitur ini semakin disempurnakan sebagai fitur Magic Eraser di Google Pixel 6. Sayangnya, masih belum ada sebuah demo yang dibagikan tentang fitur ini dikarenakan reviewer belum boleh mencobanya. Cuma sudah ada beberapa akun di reddit yang telah mencoba fitur ini dan hasilnya cukup diluar dugaan.

Baca Juga:

Bagus Tetapi Butuh Beberapa Perbaikan

Ya, fitur ini bisa dikatakan merupakan fitur paling impresif yang dihadirkan oleh Google di Pixel 6. Kita tidak perlu lagi repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga dan menggunakan tool-tool yang membutuhkan ketelitian tinggi seperti lasso tool ataupun heal tool.

Memang fitur ini cukup impresif, tetapi ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan. Seorang Tech Journalist yaitu Kate Bevan mencoba fitur Magic Eraser ini, dimana dia mencoba menghapus dua objek di latar belakang, dan algoritma Google terasa kesulitan menentukan apa yang harus dilakukan ketika latar belakang tersebut telah terhapus.

Sejujurnya, ini adalah situasi yang sangat kompleks, terlebih karena di foto tersebut ada semak-semak, pohon, dan rumput yang semuanya menyatu dengan sisi jalan di ruang yang dikosongkan oleh mobil, hal ini yang mengakibatkan banyak dugaan bagi algoritma Google untuk mengisi hal itu, dan hasilnya pun tidak keluar dengan baik.

Masih banyak orang yang yakin jika magic Eraser akan bekerja lebih baik jika dalam skenario yang berbeda seperti background yang seragam, seperti langit atau pasir di pantai. Meski begitu, ini bisa menguraikan batasan teknologi, dan ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu hal tersebut.

Tetapi ada sebuah demo dari pengguna Reddit yang bisa memaksimalkan fitur Magic Eraser ini. Pengguna Reddit tersebut memberikan sebuah insight tambahan tentang cara kerja dari Magic Eraser dalam kasus yang berbeda. Kali ini, tampilan fiturnya jauh lebih mengesankan karena beberapa karyawan dan pelanggan menghilang dari gambar tersebut.

Memang ini tidaklah sempurna, hanya dengan sekilas pun kita bisa melihat bahwa gambar tersebut adalah editan, ditambah lagi beberapa individu yang dihapus masih meninggalkan bayangan dilantai. Terlepas dari hal tersebut, rasanya masih belum bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa fitur ini merupakan kekurangan, cuma pastinya Google akan melakukan sejumlah perbaikan untuk memperbaiki algoritma dari Magic Eraser itu sendiri di masa mendatang.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar smartphone Google Pixel, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.