Terkadang kita membutuhkan dorongan untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Banyak penunjang yang membuat kesehatan mental kita terpengaruh misalnya stres tentang pekerjaan, sekolah, atau apapun. Salah satu yang paling berpengaruh adalah ketika kita melewati masa-masa sulit yang dimana sebenarnya ini adalah salah satu pengalaman manusia paling universal. Meskipun memang pada zaman modern ini untuk meningkatkan kesehatan mental banyak orang harus membayar mahal karena mengikuti sejumlah terapi, ada sebuah alternatif yang tidak akan merusak dompet kamu loh, contohnya seperti mengunduh aplikasi. Kali ini, aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa meningkatkan mental health kamu, simak daftarnya lengkapnya dibawah ya.

Baca Juga:

1. Woebot

Bisa dibilang, aplikasi Woebot ini adalah personal self-cara assistant. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi terapis dengan menggunakan AI, Woebot dapat membantu kamu melacak kesehatan mental, mood, bahkan mengajari keterampilan terapi perilaku kognitif. Woebot juga memiliki latihan-latihan yang berdasarkan Mindfulness adn Dialectical Behavior Therapy atau DBT. Aplikasi ini juga menawarkan banyak fleksibilitas untuk tujuan kesehatan mental penggunanya, baik ketika kamu ingin mengurangi kecemasan, depresi, atau bahkan keduanya. Woebot dapat membuat rencana pribadi yang bisa kamu terapkan dalam waktu kurang dari 5 menit sehari. Kamu juga dapat menjadwalkan waktu check-in yang sesuai dengan kamu butuhkan. Download Woebot.

2. 5 Minute Journal

Aplikasi dibuat oleh salah satu tim pembuat jurnal terbaik tentang kesehatan mental. Aplikasi ini menawarkan fitur terbaik dari sebuah jurnal fisik kedalam bentuk digital. Cara kerja aplikasi ini pertama-tama akan menawarkan kamu dua waktu check-in, pagi dan sore, dengan pertanyaan yang membantu kamu merencanakan hari yang menyenangkan dan merenungkan peristiwa positif di penghujung hari. Salah satu fitur yang membuat jurnal ini unik adalah ia menawarkan tempat untuk menulis tentang perbaikan diri, atau apa yang bisa membuat hari kamu menjadi lebih baik. Ini membantu kamu untuk meningkatkan diri di setiap harinya. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan apabila kamu menyukai aplikasi ini, kamu bisa mengupgradenya ke versi premium yang pastinya akan menawarkan lebih banyak fitur. Download 5 Minute Journal.

3. Breathe

Aplikasi Breathe sebenarnya bukan merupakan aplikasi meditasi, tetapi aplikasi ini membantu kamu untuk mengontrol emosi kamu melalui pernapasan. Aplikasi ini dibuat berdasarkan latihan yang didukung sains, Breathe menawarkan berbagai pola pernapasan untuk mengubah kondisi fisik dan mental kamu. Kamu tinggal memilih pola pernapasan yang kamu inginkan dan bernapaslah bersama dengan animasi di layar smartphone. Kamu dapat memilih berbagai pola termasuk 478 pola pernapasan untuk tidur, pernapasan yang seimbang untuk meningkatkan energi kamu, pernapasan kotak yang sangat cocok untuk panic attack dan anxiety. Saat kamu terus menggunakan aplikasi, kamu akan melihat bahwa kamu bisa melakukan banyak pola pernapasan ini sendirian, kapan pun kamu membutuhkannya kamu bisa melakukannya di setiap saat. Download Breathe.

4. Calm

Selanjutnya adalah aplikasi Calm, aplikasi ini dibuat di tahun 2014 dan mendapat rating sekitar 4,4 dari 261 rb reviewer, aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi stress, kecemasan berlebihan, insomnia dengan cara salah satunya adalah bermeditasi. Didukung dengan lagu, bedtime stories yang diupdate di tiap bulan membuat aplikasi ini di rekomendasikan oleh psikolog top, terapis dan pakar kesehatan mental yang terkenal. Aplikasi ini bisa untuk pemula dan jika kamu ada di kelas menengah dan lanjutan akan ada ratusan program untuk mengawal kamu menjadi pribadi yang lebih kalem dam positif menjalani kehidupan. Untuk fiturnya sendiri ada banyak yang bisa kamu akses antara lain program 10 menit yang bisa kamu lakukan sebelum tidur, latihan pernapasan, meditasi dengan waktu yang terarah dan masih banyak lagi. Download Calm.

5. Mindfulness Coach

Jika aplikasi Calm merupakan aplikasi yang cocok untuk para pemula, Mindfulness Coach ini sangat direkomendasikan bagi para pengguna yang lebih advance dan tidak memerlukan pemandu lagi. Aplikasi ini disertaik dengan meditation timer yang sangat mudah untuk digunakan dan menawarkan beberapa basic meditation. Meskipun aplikasi ini sangat cocok untuk level yang advance, tetapi para pemula tetap bisa menggunakan aplikasi ini kok, dan aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Selain itu, aplikasi ini memiliki training section dimana kamu bisa mempelajari bagaimana cara menampilkan latihan mindfulness tanpa perlu pemandu audio file. Aplikasi ini gratis, dan meskipun gratis aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang bagus dan solid, fitur-fitur unggulan seperti practice log, mindfulness mastery quiz yang melacak progress dan masih banyak lagi bisa kamu dapatkan pada versi gratisnya, gimana seru bukan?. Download Mindfulness Coach.

6. MindDoc

MindDoc ini dibuat oleh para psikolog klinik, yang berarti MindDoc ini merupakan aplikasi all-in-one yang mengatur segala sesuatu tentang mental health. Ketika kamu menderita kecemasan, depresi, atau segala sesuatu tentang permasalahan mental health, MindDoc dapat membantu kamu melacak mood kamu dengan baik dan mengerti tentang apa yang kamu derita. Aplikasi lain yang di daftar ini lebih berfokus pada penggunaan individual, tetapi untuk MindDoc aplikasi ini diciptakan untuk tujuan edukasi. Terkadang, pemahaman yang lebih baik tentang yang terjadi di pikiran kita dapat membantu kita melihat masalah secara berbeda dan merumuskan solusi. Mereka menawarkan kursus yang dapat kamu baca sendiri ata dengarkan seperti audio book Download MindDoc.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi mental health terbaik sejauh ini di Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.