WhatsApp memang telah memiliki end-to-end encryption selama beberapa tahun yang lalu, tetapi hal tersebut hanya terbatas pada pengiriman pesan saja. Enkripsi ini pertama kali diluncurkan untuk semua pengguna WhatsApp pada tahun 2016, hal ini membuat para pengguna merasa tenang bahwa keamanan chat mereka telah aman. Akan tetapi ada sebuah lubang besar, dimana backup chat disimpan tanpa keamanan ekstra, dan WhatsApp sekarang telah menangani hal ini.

Baca Juga:

WhatsApp Sekarang Menjadi (Sedikit) Lebih Aman

Backups yang telah dienkripsi secara end-to-end telah datang. Fitur keamanan ini sudah dirilis WhatsApp pada aplikasi WhatsApp Beta baru-baru ini. Tinggal menunggu penyempurnaan pengujian di aplikasi Beta, mungkin tidak akan memakan waktu lama bagi WhatsApp memasukan fitur keamanan ini ke aplikasi WhatsApp versi reguler.

Backup chat yang disimpan di Google Drive sekarang dapat dienkripsi dengan kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit yang hanya diketahui oleh pengirim. Dengan begitu, pengirim tidak dapat memastikan siapa pun kecuali kamu sendiri yang dapat mengakses informasi pribadi dan obrolan berharga yang tersimpan di backup WhatsApp sang empunya. Jika kamu perlu memulihkan chat WhatsApp untuk alasan apapun, jelas kamu memerlukan kata sandi atau kunci tersebut untuk melakukannya.

Untuk mengaktifkan ini, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan aplikasi, ketuk bagian chat atau obrolan, pilih chat backup, dan aktifkan end-to-end encrypted backup. Kemudian kamu tinggal ikuti petunjuk untuk memilih password atau kunci enkripsi kamu sendiri dan tunggu aplikasi selesai mengenkripsi.

Cukup berlawanan dengan enkripsi di chat, kamu mempunyai hak untuk menyalakan fitur keamanan ini atau tidak menyalakan keamanan ini tergantung dari pilihan kamu. Kemungkinan besar update ini akan hadir dalam dua hari kedepan, dan jika kamu sudah mengupdate aplikasi WhatsApp dalam dua hari kedepan, kamu akan bisa menggunakan fitur ini di smartphone kamu.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar update pada WhatsApp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.